Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

TNI AL Fokuskan Operasi SAR Pengungsi Rohingya di Utara Indonesia dan Selat Malaka
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 26-05-2015 | 10:45 WIB
ksal-ade-sopandi.jpg Honda-Batam
Kepala Staf TNI AL Laksamana‎ Ade Supandi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang- Kepala Staf TNI AL Laksamana‎ Ade Supandi mengatakan, pelaksanaan Operasi Pencarian dan Penyelamatan (SAR) pengungsi Rohingya dan Bangladesh ke wilayah Indonesia difokuskan di wilayah utara dan bagian barat Sumatera serta Selat Malaka.

Sesuai dengan perintah Presiden di bawah Komando Panglima TNI, kata Ade, saat ini sejumlah kapal TNI AL telah dikerahkan dalam melakukan pencarian dan penyelamatan manusia perahu Rohingya dan Banglades, sebagaimana kesepakatan Indonesia, Thaliand dan Malaysia, melalui rapat yang dilaksanakan Kementerian Luar Negeri.

Karena sejumlah pengungsi Rohingya dan Bangladesh tersebut, umumnya datang dari utara ke selatan, jelas Ade, sehingga upaya difokuskan di Selat Malaka, perbatasan Indonesia dengan Malaysia.      

"Walaupun  tujuan mereka bukan sebenarnya bukan ke Indonesia, akan kita lakukan upaya penyelamatan," kata Ade.

Jika ditemukan dan dilakukan penyelamatan di laut, selanjutnya TNI akan menyerahkan ke pihak UNHCR dan IOM terdekat yang berkoordinasi dengan Imigrasi guna dilakukan penanganan lebih lanjut.

Sebagaimana diketahui, sesuai dengan perintah Presiden, TNI mengggelar operasi pencarian dan penyelamatan (SAR) pengungsi Rohingya dan pendatang Bangladesh telah dimulai sejak Sabtu (23/5/2015) lalu.

Editor: Dodo