Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batam Bisa Jadi Hub Jaringan Telekomunikasi Bawah Laut ke Luar Negeri
Oleh : Ahmad Romadi
Kamis | 21-05-2015 | 19:03 WIB
menkominfo,_Rudiantara.jpg Honda-Batam
Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. (Foto: Ahmad Romadi/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kota Batam yang dekat dengan negara-negara tetangga diharapkan bisa menjadi penghubung (hub) jaringan telekomunikasi kabel bawah laut yang menuju ke luar negeri. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, ketika usai berkunjung ke kantor Badan Peungusahaan (BP) Batam, Kamis (21/5/2015) siang.

Menurut Rudi, sebagai daerah yang dekat dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia, harapan tersebut harus dilakukan. "Sekarang kita bagaimana bisa menjadikan Batam sebagai hub untuk jaringan kabel bawah laut supaya kita tidak bergantung lagi kepada negara tetangga," terang Rudi.

Rudi menyampaikan, saat ini sudah ada empat operator yang  memiliki jaringan kabel bawah laut menuju Malaysia dan Singapura. Empat operator tersebut di antaranya Indosat, Telkom, Moratel dan NAP. Selain melayani jaringan keluar negeri, keempa operator tersebut juga melayani dalam negeri.

Dengan harapan itu, pengembangan yang harus dilakukan termasuk juga memikirkan pelayanan dan insentif  yang harus diberikan oleh Batam kepada penyelenggara telekomunikasi khususnya keluar negeri. "Kita kalau bisa sama dengan Singapura-lah. Tapi kalau tidak bisa, setidaknya menuju ke sana. Waktunya kapan kita akan bicarakan lagi," tandasnya.

Pada kunjungannya ke Batam tersebut Rudi menyempatkan diri untuk melakukan peninjauan kabel bawah laut yang berada di Tanjungbemban. (*)

Editor: Roelan