Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sering Kebanjiran, SMPN 28 Batam Bakal Ditimbun
Oleh : Ahmad Romadi
Selasa | 19-05-2015 | 08:17 WIB
smp_28_banjir.JPG Honda-Batam
Sejumlah siswa SMPN 28 Batam duduk-duduk di gapura sekolah menunggu banjir surut di halaman sekolah. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lantai dasar SMP Negeri 28 Batam akan ditimbun untuk mengatasi banjir yang sering terjadi jika hujan lebat turun. Pemerintah Kota (Pemko) Batam menilai menimbun merupakan solusi terakhir untuk menyelesaikan masalah banjir di SMPN yang berada di Perumahan Taman Raya Batam Center tersebut.

"Tak ada solusi lain lagi kecuali ditimbun. Karena memang itu lokasinya di lembah, jadi harus naik," kata Wakil Wali Kota Batam, Rudi, Senin (18/5/2015) sore.

Namun sayangnya, langkah itu menurutnya belum bisa dilaksanakan lantaran Pemko belum ada lokasi pengganti lain untuk belajar. Rudi khawatir jika proses penimbunan itu berlangsung proses belajar mengajar siswa bisa terganggu.

Pemko Batam masih mencari lahan untuk memindah SMPN 28 di daerah yang tak jauh juga dengan lokasi sekarang. "Saya sudah minta fasum ke pengembang untuk diberikan pada kita, dan ini sedang diproses. Kalau selesai itulah yang akan kita gunakan sebagai lokasi pindahan," kata Rudi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Muslim Bidin, mengatakan akan menyiapkan sekolah terdekat untuk relokasi belajar sementara siswa SMPN 28 Batam jika penimbunan tersebut memang jalan terakhir.

"Nanti kita siapkan SMPN 53 di Botania sebagai sekolah penyangga, kalau benar jadi ditimbun" kata Muslim saat dikonfirmasi.

Kendati demikian, ia mengaku masih akan melihat perkembangan dan mencari solusi bersama untuk menyelesaikan permasalahan yang memang sudah sering terjadi di SMPN 28 tersebut. (*)

Editor: Roelan