Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Reklamasi Pantai Belian Berlanjut, Nelayan Bakal Geruduk Kantor Bapedalda Batam
Oleh : Ahmad Rohmadi
Senin | 18-05-2015 | 14:27 WIB
reklamasi_belian.jpg Honda-Batam
Reklamasi di pantai Belian yang mulai beraktivitas lagi setelah sempat dihentikan. (Foto: dok. BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Para nelayan Kampung Terih, Sambau, Telembak, dan Bakau Serip yang berada di sekitar Pantai Belian, Batam Center kembali mengeluhkan aktivitas reklamasi yang dilakukan oleh PT Silma, subkon dari PT Batam Central Marina (BCM).

Koordinator para nelayan Yuliandi mengaku kecewa pasalnya berdasarkan hasil rapat dengar pendapat (RDP) dengan anggota DPRD Batam beberapa waktu lalu bahwa proses reklamasi harus dihentikan sampai permasalahan tersebut ada titik terangnya.

Namun, sembari menunggu jadwal RDP lanjutan, ternyata PT BCM dia katakan kembali melanjutakan proses reklamasi tersebut.

"Seharusnya Bapedalda (Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah) Batam buka mata lah, keputusan kemarin kan proses reklamasi itu harus dihentikan terlebih dahulu ternyata sekarang PT BCM melanjutkan reklamasi itu tapi pemerintah diam saja," kata Yuliandi melalui sambungan telepon, Senin (18/5/2015).

Ia mengatakan para nelayan akan mendatangi kantor Bapedalda Kota Batam besok, karena menurutnya instansi itu juga harus berani mengambil tindakan sebagai pemerintah.

"Besok rencananya kami para nelayan akan tanyakan kepada Bapelda, terkait masalah ini," ujarnya.

Selama ini ia katakan juga sudah menghubungi para anggota DPRD Batam untuk mempertanyakan agenda digelar RDP kembali digelar untuk menyelesaikan masalah reklamasi yang menggannggu hasil penangkapan ikan namun belum ada tanggapan dari para wakil rakyat tersebut.

Editor: Dodo