Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Siswi SMP Negeri 2 Singkep Wakili Kepri ke OSN di Sulawesi Tengah
Oleh : Nur Jali
Rabu | 06-05-2015 | 14:34 WIB
vendela-helena.jpg Honda-Batam
Vendela Helena, bakal mewakili Provinsi Kepulauan Riau dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang studi IPS di Sulawesi Tengah.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Vendela Helena (13), siswi SMP Negeri 2 Singkep bakal mewakili Provinsi Kepulauan Riau dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang studi IPS yang akan digelar di Palu, Sulawesi Tengah pada 17 hingga 23 Mei mendatang.

Prestasi anak dari Khaw Kwiet San ini memang cukup membanggakan mengingat inilah wakil pertama dari Lingga yang mewakili Kepri di tingkat nasional.

"Vendela Helena ini sebelumnya mengikuti seleksi di tingkat kabupaten, dan provinsi, sebelum dinyatakan lulus untuk mewakili kepri ditingkat nasional, selain dia, ada dua anak lagi yang mewakil Kepri," Kata Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Singkep Sukirno, Rabu (6/5/2015).

Penetapan Vendela Helena sebagai perwakilan dari Provinsi Kepri ini berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, nomor 799/C3/KU/2015 tentang Penetapan Peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tingkat Nasional Tahun 2015. 

"Ada tiga bidang studi yang akan yang dilombakan yaitu Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Matematika. Dan Vendela Helena sendiri akan mengikuti perlombaan di bidang IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) bersama tiga rekannya dari Kepri, dari SMP 6 Batam Harum Kurnia Jayanti dan SMP 4 Tanjungpinang Siti Roqlihu Yumaroh," ungkapnya.

Ketiga pelajar terbaik di Kepri ini akan bertanding melawan 132 peserta dari berbagai Provinsi di Indonesia.

Peserta OSN SMP tingkat nasional ini adalah siswa-siswi terpilih yang telah melalui seleksi ketat di tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi se-Indonesia. 

Mereka akan adu jenius memperebutkan medali emas, perak, dan perunggu. Para juaranya akan diproyeksikan menjadi delegasi Indonesia dalam sejumlah kompetisi berskala internasional. 

Editor: Dodo