Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Elvis Adril Dilantik sebagai Rektor Universitas Karimun
Oleh : Khoiruddin Nasution
Jum'at | 01-05-2015 | 16:58 WIB
pelantikan_rektor_karimun.jpg Honda-Batam
Pelantikan Elvis Adril ST MT sebagai Rektor Universitas Karimun (UK) periode 2015-2019. (Foto: Khoiruddin Nasution/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Ketua Yayasan Tujuh Juli, Haris Fadillah, secara resmi melantik DR Elvis Adril ST MT sebagai Rektor Universitas Karimun (UK) periode 2015-2019. Pelantikan itu berdasarkan SK Nomor 023.1/SK/YPJK/IV tanggal 17 April 2015.

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan dilaksanakan di Gedung Nasional Karimun, Jumat (1/5/2015). Turut hadir dari Kopertis Wilayah IX, Bupati Karimun, FKPD, SKPD dan camat se-Kabupaten Karimun.

Dalam sambutannya Haris Fadillah menegaskan, dalam melaksanakan tugasnya Rektor UK terpilih harus mengacu kepada azam-azam di Kabupaten Karimun. "Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung," pesannya.

Haris menjelaskan, rektor harus menjalin kebersamaan dan kekeluargaan. Kemudian, membangun Universitas Karimun menuju perguruan tinggi yang maju dan gemilang.

Sementara itu Rektor UK terpilih, DR Elvis Adril ST MT menyebut, tantangan bagi UK serta universitas se-Indonesia ke depannya sangat berat, ditambah menghadapi MEA. Jika tidak disikapi, maka penduduk akan hanya menjadi penonton di negeri sendiri.

"Karimun merupakan daerah perbatasan. Untuk itu, UK perlu mensiasati dan ikut andil dengan persiapan lulusan bermutu dan bersertifikasi dalam menghadapi MEA," ujarnya.

Dikatakan, UK adalah ikon bagi Kabupaten Karimun. Dengan demikian, kemajuan UK harus mendapat dukungan dari semua kalangan maupun pihak. "Dalam waktu dekat UK akan berbenah diri. Intinya, UK akan lebih maju dan berkembang dari sebelumnya," katanya.

Koordinator Kopertis Wilayah IX, Prof Ganefri PhD dalam hal ini diwakili Jamurin SH MM berharap rektor baru dapat memajukan UK. Dikatakan, dosen tetap harus S2. Selain itu dosen tidak hanya mengajar, tapi juga melakukan penelitian.

Jadi hal ini harus menjadi pemikiran rektor terpilih, dalam memajukan UK ke depannya. Maka dari itu, rektor baru wajib membuat rancangannya.

"UK adalah aset daerah. Jika maju dan berkembang, maka daerah tersebut tidak hanya menjadi ikon, di bidang pendidikannya juga semakin diperhitungkan dengan daerah-daerah lainnya," ungkapnya.

Pada kesempatan itu Bupati Karimun, Nurdin Basirun, meningatkan bahwa UK telah menunjukkan banyak kemajuan dan keberhasilan. Untuk itu, apapun yang telah diperoleh harus dipertahankan oleh rektor terpilih.

"Masih banyak peluang yang bisa digali Rektor UK selama masa jabatannya. Dan hal terpenting sekali, jalin koordinasi baik dengan yayasan, serta jajaran di universitas," pesannya. (*)

Editor: Roelan