Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringati May Day, Buruh PT Saipem Karimun Pilih Gelar Bakti Sosial
Oleh : Khoiruddin Nasution
Jum'at | 01-05-2015 | 11:35 WIB
may day 2015 karimun.jpg Honda-Batam
Bupati Karimun, Nurdin Basirun, ikut merayakan May Day di Coastal Area. (Foto: Khoiruddin Nasution/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sebanyak 150 buruh PT Saipem Indonesia Karimun Branch (PT SIKB)  yang tergabung di Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Logam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (PUK-SPL) Kabupaten Karimun, pilih memperingati Hari Buruh Internasional (May Day), Jumat (1/5/2015) dengan melaksanakan gotong royong membersihkan Coastal Area. Aksi para buruh ini juga mendapat dukungan Bupati Karimun, Nurdin Basirun.

Ketua PUK-SPL PT SIKB, Hartono Surbakri, menyampaikan, serikatnya berkomitmen menjaga investor yang berinvestasi di Karimun dengan bekerja ramah dan produktif. "Jangan sia-siakan perjuangan pemerintah setempat yang telah mendatangkan investor untuk berinvestasi dan membangun serta memajukan daerah ini," katanya kepada BATAMTODAY.COM di lokasi, Jumat pagi.

Dijelaskan, penyampaian aspirasi tidak harus melalui demo. Bahkan apapun permasalahannya harus diselesaikan dengan kepala dingin (baca: musyawarah) bersama pihak perusahaan.

"Demo bukanlah suatu hal yang baik. Itulah gunanya dibentuknya serikat untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada buruh. Meski demikian, perusahaan wajib mengedepankan hak-hak buruh," ujarnya.

Sementara Branch Manager PT SIKB, Ernesto De Franco, menyampaikan bahwa buruh yang tergabung di serikat harus bekerja dengan baik untuk mencapai target kerja yang diprogramkan perusahaan. Maka dia mengimbau agar para buruh bekerja secara bersungguh-sungguh, konsentrasi dan bukannya melaksanakan aksi demo.

"10 tahun yang lalu PT SIKB telah memilih Karimun untuk berinvestasi. Tujuannya untuk memajukan daerah, mengembangkannya dan memberikan atau mentransfer teknologi serta ilmu. Bahkan wacana ke depan, menjadikan Karimun sebagai pusat publikasi minyak dan gas," paparnya.

Sementara itu Bupati Karimun, Nurdin Basirun, dalam sambutannya mengatakan dengan adanya PT SIKB, Karimun telah dikenal di banyak negara besar serta memperlihatkan perubahan dan kemajuan dari sebelumnya. "Media perlu mempublikasikannya. PT SIKB telah banyak membantu pemerintah setempat, diantaranya program pengentasan kemiskinan, pendidikan dan lapangan pekerjaan,"tandasnya.

Pantauan di lokasi, usai memberikan sambutan Nurdin Basirun memberikan kue kek kepada salah seorang (perwakilan) buruh PT SIKB. Tidak hanya menyerahkan, Nurdin juga memotong dan menyuapi beberapa orang buruh yang berdiri berbaris di depan panggung rakyat Putri Kemunings ehingga terlihat keharmonisan antara pemimpin daerah yang berlandaskan azam ini, dengan buruh.

Baksos yang mengusung tema "Dengan Semangat May Day, Kita Bangun Simpati Tenaga Kerja Produktif Dalam Hubungan Industrial yang Kondusif dan Ramah Investasi" ini turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan, MS Sudarmadi, serta Kepala Badan Pertamanan dan Kebersihan (BKP) Karimun, Faisal Taufiq. (*)

Editor: Roelan