Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

May Day Cuma Diikuti 90-an Orang, Mayoritas Buruh di Kabil Pilih Bersantai Bersama Keluarga
Oleh : Hadli
Jum'at | 01-05-2015 | 11:04 WIB
buruh kabil may day 2015.JPG Honda-Batam
Konvoi kendaraan roda dua sekitar 90-an buruh yang bergerak dari Kabil mendapat arahan dari seorang anggota Provos Polsek Nongsa sebelum berjalan di simpang lampu merah Kabil. (Foto: Hadli/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Perayaan Hari Buruh Internasional (May Day) di Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa, Jumat (1/5/2015), hanya dilaksanakan sekitar 90-an buruh dari ribuan buruh galangan kapal di lokasi tersebut. Sebagian besar buruh lebih memilih memanfaatkan hari libur ini bersama keluarga mereka.

"Sekitar 90-an orang saja dari Kabil yang konvoi, tidak banyak seperti tahun lalu," kata Kanit Reskrim Polsek Nongsa, Iptu Oloan Situmorang, di simpang lampu merah Taiwan, Kabil, titik pengaamanan May Day di Kecamatan Nongsa.

Menurutnya, gejolak pergerakan buruh tahun ini  tidak sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Karena itu dia memprediksi pelaksanaan May Day akan berjalan kondusif. "Tapi kami tetap harus waspada. Walaupun sudah dilarang, dikhawatirkan adanya sweeping yang dilakukan kelompok yang tidak bertanggung jawab," katanya.

Sementara itu Julfikar, salah seorang buruh mengatakan, sepinya buruh yang berpartisipasi menyuarakan aspirasi karena memang dari masing-masing sarikat tidak melaksanakan May Day seperti tahun-tahun sebelumnya. Serikat, kata dia, pada tahun ini lebih banyak mengagendakan berbagai kegiatan sosial dan dialog.

"Jadinya kawan-kawan malas turun. Apalagi May Day sekarang langsung diliburkan dari kantor karena sudah libur nasional. Jadi lebih manfaatkan waktu hari ini di rumah," katanya di tempat yang sama.

Pantauan di lapangan, walaupun terlihat sepi konvoi sekitar 90-an orang buruh menggunakan kendaraan roda dua tetap mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian, Sabhara, Intelkam serta Polisi Lalu Lintas. Mereka akan bergabung dengan buruh lainnya. (*)

Editor: Roelan