Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolda Kepri Minta Buruh Patuhi Aturan Saat Rayakan May Day
Oleh : Hadli
Kamis | 23-04-2015 | 13:48 WIB
2015-04-23 15.23.51.jpg Honda-Batam
Kapolda Kepri Brigjen Pol Arman Depari‎ saat acara ramah tamah dengan perwakilan buruh di Bandung Resto, Batubesar, Nongsa.

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjelang perayaan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Mei atau dikenal dengan May Day, Kapolda Kepulauan Riau Brigjen Pol Arman Depari‎ mengatakan, pihaknya tidak akan melarang buruh menggelar aksi asalkan sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku. 

"Dalam menyampaikan pendapat tidak ada larangan, asalkan sesuai dengan aturan," ujar Arman Depari dalam temu ramah bersama kalangan serikat buruh di Kepri dan Batam di Bandung Resto, Batubesar, Nongsa, Rabu (22/4/2015) kemarin. 

Walaupun buruh di Kepri khususnya Batam memiliki banyak kegiatan, saat konvoi May Day mendatang, harus tetap melengkapi kelengkapan kendaraan, seperti lampu siang, penggunaan spion dan helm serta memiliki kelengkapan dokumen kendaraan. 

"Yang perlu diperingatkan atau aspirasi yang mau disampaikan merupakan hal yang wajar, namun saat melakukan peringatan polisi juga punya tugas untuk mengawal. Kalau perlu seluruhnya diperiksa dan tes urine barang kali saja ada ditemukan barang terlarang seperti narkoba," terang dia. 

Ia mendukung, kalangan serikat buruh mengadakan kegiatan yang bersifat positif untuk membangun Kepri khususnya di Batam. Karena menurutnya, Batam merupakan daerah industri. 

"Mari kita lakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, Pemerintah dan pengusaha seperti pembuatan SIM Gratis terhadap pekerja, sosialisasi Narkoba untuk menekan peredaraannya yang merusak generasi penerus bangsa, atau lainnya yang sifatnya positif dan kami pihak kepolisian siap untuk membantu merealisasikannya," kata Arman.

Ditegaskannya, komunikasi dua arah sangat diperlukan dalam menciptakan keamanan, ketertiban. Untuk itu diperlukan sinergi dengan segala elemen untuk menciptakan Kepri  khususnya Batam kondusif.

"Komunikasi dua arah terhadap seluruh elemen masyarakat untuk menciptakan Batam kondusif‎ sangat diperlukan, pasalnya Batam merupakan kota industri dimana jika Batam aman maka investor tidak akan hengkang berinvestasi," terangnya. 

Arman menambahkan, Polri sampai saat ini terus melakukan fungsi-fungsinya, diantaranya, terjun kemasyarakat sebagai pengayom dan pelindung, kegiatan tersebut sudah dilakukan siang dan malam. Sebagai abdi negara dan apa yang dilakukan itu‎ merupakan murni tugas profesional dari negara, bukan ditunggangi kepentingan pihak manapun.. 

Editor: Dodo