Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Serikat Buruh di Batam Rayakan May Day 2015 dengan Kegiatan Sosial
Oleh : Hadli
Kamis | 23-04-2015 | 12:32 WIB
jelang-mayday.jpg Honda-Batam
Ramah tamah Kapolda Kepri dengan perwakilan serikat buruh di Batam menyambut perayaan May Day 2015.

BATAMTODAY.COM, Batam - Serikat buruh di Kepulauan Riau, khususnya di Batam menyatakan, menyambut hari Buruh Sedunia atau dikenal dengan May Day pada 1 Mei 2015 mendatang, tidak akan memfokuskan melakukan aksi konvoi di jalan maupun sweeping sebagaimana yang dilakukan tahun sebelumnya. 

"Sesuai hasil pertemuan kemaren dengan pihak kepolisian, May Day nanti banyak agenda yang akan kita lakukan, tidak hanya fokus pada aksi orasi menyampaikan aspirasi maupun konvoi di jalan," kata Immanuel, Ketua KPSI Provinsi Kepri, di Bandung Resto, Batubesar, Nongsa, Rabu (22/4/2015).

Kegiatan menyambut May Day, tambahnya telah dibentuk masing-masing panitia dari beragam kegiatan. Untuk itu, ia meminta, sebelum kegiatan terlaksana, masing-masing serikat di kota untuk memberitahukan kegiatan kepada pihak kepolisian dalam pengamanan agar tidak dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu. 

Dalam pertemuan terbuka bersama Kapolda Kepri Brigjen Pol Arman Depari, Waka Polda Kepri Kombes Fiandar serta didamping seluruh Pimpinan Satker Polda Kepri, senada disampaikan Anas ketua FSBSI, pada perayaan hari buruh di Batam akan digelar jalan santai dan kegiatan lainnya.

Ditambahkan, Ketua Garda KSPI Suprapto, bahwa KSPI yang beranggotakan FSPMI, SPN dan Farkes mengagendakan turun ke jalanan, namun dalam bentuk kegiatan sosial seperti mengunjungi panti asuhan, goro dan di hari puncak akan mengundang tokoh nasional untuk berdiskusi dalam forum terkait peraturan tenaga kerja.  

Sementara Syaiful Badri Sofyan dari SPSI menyampaikan, kegiatan di hari May Day oleh 9 federasi difokuskan di Mukakuning dengan kegiatan pembuatan SIM massal, jalan santai dan seminar dengan mengundang anggota DPR RI pada tanggal 30 bertempat Wisma Batamindo. Seluruh agenda itu, tambahnya nantinya akan segera diserahkan terhadap kepolisian setelah rapat final. 

"Dari kawan-kawan Tanjunguncang meminta tetap akan dilakukan konvoi. Konvoi nanti difokuskan di Mukakuning, Keprimal, Simpang Jam, Batuampar, Sekup dan kembali lagi ke titik temua. Tidak ada ke Batam Center (Gedung Pemko Batam dan DPRD Batam) karena hari Jumat sangat singkat, dan satunya PNS libur," ujarnya. 

Editor: Dodo