Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Badrodin Haiti Resmi Jadi Kapolri
Oleh : Redaksi
Jum'at | 17-04-2015 | 12:11 WIB
Lantik-Badrodin.jpg Honda-Batam
Pelantikan dan pengambilan sumpah Jenderal Badrodin Haiti sebagai Kapolri. (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Badrodin Haiti resmi menjabat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) setelah dilantik dan diambil sumpah oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), di Istana Negara, Jakarta, Jumat (17/4/2015) pagi.

Badrodin Haiti yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kapolri (Wakapolri) dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor  25/Polri/2015. Sebelumnya, Komisaris Jenderal (Pol) Badrodin Haiti secara aklamasi telah disetujui pengajuannya oleh Presiden Jokowi sebagai Kapolri dalam rapat Komisi III DPR-RI dan rapat paripurna DPR-RI, yang diselenggarakan sepanjang hari Kamis (16/4/2015) kemarin. (Baca: Cukup 2,5 Jam Jalani Uji Kelayakan, Paripurna DPR Setujui Badrodin Haiti Jadi Kapolri)

Pelantikan Komjen (Pol) Badrodin Haiti itu sekaligus mengakhiri kekosongan posisi Kapolri yang telah ditinggalkan oleh Jenderal Sutarman pada 20 Oktober 2015 lalu. Sementara calon penggantinya Komjen (Pol) Budi Gunawan yang diajukan Presiden Jokowi ke DPR, dan disetujui pelantikannya oleh DPR-RI, tidak jadi dilantik sebagai Kapolri menyusul kontroversi yang muncul di masyarakat terkait pencalonannya.

Badrodin Haiti merupakan alumnus terbaik Akademi Kepolisian (Akpol) angkatan 1982 dengan meraih Adhi Makayasa. Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Kapolda Banten, Kapolda Sulawesi Tengah, dan Kapolda Sumatera Utara.

Selanjutnya setelah menjabat sekitar tujuh bulan sebagai Kapolda Jatim, Badrodin Haiti ditarik ke Mabes Polri dan menjabat sebagai Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kapolri. Dari Koorsahli, Badrodin mendapat tugas baru sebagai Kabarhakam Mabes Polri, sebelum kemudian pada 2 Agustus 2013 diangkat sebagai Wakapolri menggantikan seniornya, Komjen (Pol) Ogroseno, yang memasuki masa pensiun.

Pada 16 Januari 2015, Komjen Badrodin Haiti ditunjuk Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) sebagai Wakapolri yang melaksanakan tugas (Plt) Kapolri. (*)

Editor: Roelan