Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Libur Panjang Sekolah

4 Mall Besar di Batam Raup Miliaran Rupiah
Oleh : Sumantri/Dodo
Selasa | 05-07-2011 | 13:05 WIB
bcs-mall.gif Honda-Batam

Batam City Square (BCS) Mall. (Foto: Istimewa)

BATAM, batamtoday - Libur panjang sekolah yang berlangsung sejak pertengahan Juni 2011, memberikan berkah bagi mal-mal yang ada di Batam. Data yang diperoleh batamtoday dari 4 mal besar di Batam, yaitu Nagoya Hill, BCS Mall, Mega Mall dan Kepri Mall, mendapati rata-rata transaksi dan tingkat kunjungan masyarakat di 4 mal besar tersebut meningkat hingga 35 persen.

"Dari segi kunjungan masyarakat, sudah tentu ada peningkatan di bandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. dari data transaksi ukurannya mungkin lebih pas jika supermarket ya, di BCS Mall, JC Supermarket rata-rata mencatat transaksi hingga Rp2 miliar perhari, pada musim liburan panjang sekolah kali ini, ada lagi King's Elektronik di lantai 2 juga rata-rata mencatat transaksi paling minim Rp50 juta per hari," kata Sarmono, Humas BCS Mall, kepada batamtoday, Selasa, 5 Juli 2011.

Di lain pihak, Yolanda Katrin, Humas Mega Mall menyatakan pihaknya juga mengalami peningkatan kunjungan masyarakat hingga lebih dari 50% dari bulan-bulan sebelumnya pada musim libur panjang sekolah kali ini. Tenant-tenant besar yang ada di Mega Mall seperti Matahari Departement Store, Hypermart dan berbagai cafe juga mengalami peningkatan transaksi hingga 35 persen.

"Hypermart, Matahari dan J.co di Mega Mall rata-rata mencetak performa transaksi yang menggembirakan sepanjang libur panjang kali ini, rata-rata naik 20 hingga 25 persen," ungkap Yolanda.

Sementara itu, angka peningkatan baik, transaksi maupun kunjungan masyarakat ke mall, juga dialami oleh Kepri Mall. Mall paling bungsu di Batam ini, memang telah menjadi shopping arena terbaru di Batam. Menurut Fransiska, staff Promosi Kepri Mall, peningkatan transaksi memang cenderung naik, namun secara angka pihaknya belum bisa memastikan berapa dan bagaimana perkembangannya.

Untuk lebih meningkatkan trafik kunjungan masyarakat, sejatinya pihak mall, selalu rajin membuat beragam inovasi dalam bentuk program maupun promo-promo bazar murah dan mendatangkan artis ibu kota untuk mendongkrak jumlah transaksi di berbagai tenant. Apalagi sebentar lagi akan memasuki masa Ramadhan, yang diperkirakan akan menambah daya beli masyarakat.