Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tahapan Pilkada Batam Diprediksi Mulai April, KPU Belum Tahu Kapan Anggaran Dicairkan
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 08-04-2015 | 14:18 WIB
agus_setiawan_-_ketua_kpu_batam_-_duduk.jpg Honda-Batam
Agus Setiawan, Ketua KPU Kota Batam. (Foto: Dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam belum bisa memastikan kapan anggaran pemilihan kepala daerah (pilkada) dicairkan. Padahal, KPU memprediksi tahapan pilkada diperkirakan akan dapat dimulai pada bulan April ini.

KPU bersama tim penyusunan anggaran Pemerintah Kota Batam masih melakukan pembahasan anggaran pilkada yang diselenggarakan pada 19 Desember 2015 mendatang.

"Kita belum bisa pastikan kapan anggaran pilkada akan turun. Selasa (7/4/2015) kemarin sudah kita ajukan berkas-berkas penyusunan anggarannya. Mudah-mudahan bulan ini," ujar Agus Setiawan, Ketua KPU Kota Batam, saat dihubungi, Rabu (8/4/2015).

Agus menjelasnkan, penyusunan anggaran KPU tersebut difasilitasi oleh Kesbanglimnas. Rapat sendiri dibahas bersama Bagian Keuangan Setdako Batam dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Menurutnya tahapan pilkada diperkirakan akan dapat dimulai pada bulan ini. Sehingga, anggaran pun harapkan akan diturunkan untuk menunjang berlangsungnya tahapan pilkada. "Kita masih tunggu PKPU. Masih tarik ulur pembahasan pada item aturan pencalonan," jelasnya.

Agus menambahkan, beberapa item PKPU masih alot dalam pembahasan mengenai peraturan pencalonan tersebut. Ada 10 PKPU dijadwalkan akan disahkan pada 19 April ini.

Mengenai kesiapan, Agus menuturkan, sejauh ini KPU Batam tinggal menunggu PKPU disahkan. Karena PKPU merupakan acuan hukum dari tata pelaksanaan tahapan pilkada. (Baca juga: Keberhasilan Pilkada Serentak di Kepri Tergantung Dukungan Dana)

"Jadwal tahapan baru kita siapkan, secara umum sudah siap pelaksanaannya. Hanya menunggu acuan hukum dan anggaran saja," terangnya. (*)

Editor: Roelan