Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lantai Ruang Kelas Ambles, Kondisi SLB Tanjungpinang Memprihatinkan
Oleh : Habibi
Rabu | 08-04-2015 | 12:28 WIB
slb tanjungpinang.jpg Honda-Batam
Lantai di salah satu ruang kelas SLB Tanjungpinang yang ambles dan membahayakan siswa serta guru.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kondisi Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Tanjungpinang di kawasan Kijang Lama, km.7 Tanjungpinang memprihatinkan. Selain kondisi kelas yang tak memadai, lantai di satu ruang diantara beberapa kelas telah ambles karena konstruksi yang asal-asalan.

Keadaan ini membuat para pengajar siswa berkebutuhan khusus itu harus ekstra waspada. Bukan hanya mengawasi para siswa yang belajar, guru-guru di SLB itu juga harus tanggap akan bahaya yang mengintai jika sewaktu-waktu kelas lainnya lantainya mengalami hal yang sama.

"Sudah 6 bulan keadaan kelas ini seperti ini, tapi tetap digunakan karena kami kekurangan kelas. Namun guru harus bekerja ekstra dan lebih ekstra lagi karena bahaya untuk anak," ujar Kalisni, Kepala SLB Tanjungpinang, saat ditemui, Rabu (8/4/2015).

Kalisni mengaku, saat ini pihaknya tengah menggodok sebuah proposal untuk diajukan kepada pemerintah agar ruang kelas tersebut dapat segera digunakan. Meski dia mengaku kebingungan karena tidak tahu jenis kerusakan dari ruang kelas tersebut.

"Kelas ini digunakan banyak siswa, mulai dari penyandang grahita hingga autis, di kelas 4 hingga kelas 6. Kami harap setelah proposalnya jadi, dapat segera ditindaklanjuti, karena kebutuhannya mendesak," ujar Kalisni.

Disamping sedih melihat kondisi sekolahnya yang tidak memadai, Kalisni menyimpan harapan akan janji adanya kucuran dana segar Rp 1,2 miliar dari APBN. Kalau anggaran itu cair, direncanakan Kalisni akan digunakan untuk merehab gedung sekolah dan menambah kelas dengan sistem gedung bertingkat.

"Itu juga masih rencana, semoga bantuan tersebut benar ada, jadi kami bisa menambah kelas. Jika memang dibangun bertingkat, total kelas sebanyak 16 unit dan itu sangat cukup," ujar Kalisni.

Jumlah total siswa SLB Negeri Tanjungpinang di Kijang Lama sebanyak 148 siswa, dengan rata-rata jumlah per kelas 10 hingga 12 orang.

Editor: Dodo