Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hutang SKY Aviation di Bandara Hang Nadim Makin Membengkak
Oleh : Hadli
Rabu | 08-04-2015 | 11:11 WIB
sky_sukhoi.jpg Honda-Batam
(Foto: dok. BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sejak berhenti beroperasi pada Mei 2014 lalu, maskapai penerbangan SKY Aviation masih menunggak hutang sebesar Rp 174 juta kepada pengelola Bandara Internasional Hang Nadim Batam. 

"Masih ada satu pesawat jenis Sukhoi Super Jet yang diparkir di Hang Nadim. Tunggakan masih Rp 174 juta, termasuk tunggakan parkir pesawat,"  kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso, Rabu (8/4/2015). 

Harapan pihak pengelola, manajemen SKY Aviation atau pihak yang mengambil alih dapat segera menyelesaikan tunggakan, karena jika pesawat tersebut sudah diambil, lahan yang digunakan parkir dapat dipakai pesawat lain. (Baca: Belum Lunasi Utang, Otoritas Hang Nadim Tahan Sukhoi Milik SKY Aviation)

"Kalau tidak segera diselesaikan tentunya biaya akan terus bertambah," kata dia. 

Menurut Suwarso, hingga akhir 2014 teknisi SKY Aviation masih sering datang ke Hang Nadim Batam terutama untuk memanaskan mesin pesawat. Bahkan maskapai pernah minta izin agar bisa memanaskan dan menerbangkannya sementara agar kondisi pesawat tetap bagus. 

Permintaan menerbangkan pesawat ditolak dengan alasan khawatir pesawat dibawa pergi, sementara masih banyak kewajiban yang belum dilunasi .

Akhir Desember 2014, grup perusahaan Bosowa sudah menguasai penuh SKY Aviation. Mereka menyatakan akan mengurus perpanjangan izin komersial maskapai itu terlebih dahulu karena akan berakhir pada Maret 2015.

Editor: Dodo