Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Setiap Bulan, Sekretariat DPRD Batam Harus Gaji Ratusan Pegawai Honorer Rp431,6 Juta
Oleh : Ahmad Romadi
Selasa | 07-04-2015 | 17:37 WIB
marzuki_sekwan_batam_haloooo.jpg Honda-Batam
Marzuki, Sekretaris DPRD Kota Batam. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Total gaji pegawai honorer yang bertugas di Sekretariat DPRD Kota Batam mencapai Rp431,6 juta per bulan. Biaya gaji yang nyaris mencapai setengah miliar rupiah itu untuk menggaji 166 orang pegawai honorer.


"Setiap bulannya para honorer tersebut mendapatkan gaji sesuai UMK Kota Batam, yakni Rp2,6 juta. Dan saat ini jumlah pegawai honorer yang ditugaskan di gedung DPRD Batam tersebut sebanyak 166 orang," kata Marzuki, Sekretaris DPRD Kota Batam, Selasa (7/4/2015).

Dia menjelaskan, ratusan pekerja kontrak tersebut hanya mempunyai masa tugas selama satu tahun saja. "Setiap akhir tahun tepatnya 31 Desember, mereka harus mengajukan lamaran lagi," terang Marzuki.

Ia juga tegaskan akan memberhentikan para pegawai honorer apabila tidak bisa disiplin dalam bekerja. Salah satunya, jika pegawai honorer tersebut tidak mengikuti apel pagi selama tiga kali berturut-turut, maka ia sarankan agar mengundurkan diri.

Ia juga akan menonaktifkan jaringan internet selama jam kerja agar tidak ada PNS ataupun honorer yang bermain-main saat pada jam dinas.

Saat ini, di setiap komisi ada sekitar lima pegawai honorer dan dua PNS. Seluruhnya mempunyai tugas masing-masing, mlai dari menyiapkan berkas-berkas ketika hendak rapat dengar pendapat (RDP), hingga mencatat surat keluar dan masuk. (*)

Editor: Roelan