Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dengan Sentuhan Jari, Pelanggan ATB Bisa Akses Informasi Pelayanan
Oleh : Roni Ginting
Selasa | 07-04-2015 | 13:25 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Adhya Tirta Batam (ATB) resmi meluncurkan mobile application (mobile apps) untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Hanya dengan sentuhan jari, pelanggan dapat mengakses beragam informasi mengenai ATB, mulai dari informasi pelayanan publik hingga informasi gangguan suplai.

"Mobile Apps yang diluncurkan ATB ini dilengkapi beragam fitur yang sangat informatif dan berguna bagi pelanggan. Pada menu Informasi pelanggan dapat mengetahui berita terkini mengenai ATB yang dihimpun dalam tiga kategori, yaitu Berita Umum, ATB Update & Event, dan CSR. Pada menu tersebut, pelanggan juga dapat langsung mengetahui bila terjadi gangguan suplai air, mulai dari lokasi, waktu hingga penyebab gangguan suplai," papar IT & System Manager ATB Jamaluddin dalam acara peluncuran belum lama ini.

Ia melanjutkan, melalui menu informasi pelanggan juga dapat mengetahui hak dan kewajiban pelanggan, cara menjadi pelanggan, prosedur sambung ulang, rekategori pelanggan, uang jaminan, pengembalian uang pelanggan, balik nama, hingga cara menyampaikan keluhan.

:Bila ingin mengetahui berapa jumlah tagihan yang harus dibayar, pelanggan hanya tinggal mengklik menu Info tagihan dan memasukan nomor langganan tanpa mencantumkan 'IN'. misalkan bila nomor langganannya N-2D/123456, maka nomor langganan yang dimasukan hanya 123456," jelasnya.

Jamaludin menuturkan, bila pelanggan ingin mengakses informasi terkait lokasi tempat pembayaran tagihan ATB, pelanggan dapat membuka menu Lokasi Pembayaran dan mengetikan nama tempat. Misalkan, untuk mengetahui tempat pembayaran di wilayah Baloi maka pelanggan cukup memasukan kata Baloi.

"Kedepan fitur ini akan dikembangkan melalui digital map atau GIS, sehingga pelanggan hanya tinggal meng-klik menu Info Lokasi Pembayaran maka akan muncul peta GIS berikut dengan informasi tempat pembayaran yang terdekat dengan lokasi pelanggan berada. Informasi tersebut akan berlangsung secara otomatis karena sistem mengambil titik koordinat dimana pelanggan berada," paparnya.

Melalui mobile apps, pelanggan juga dapat melihat grafik pemakaian air setiap bulan dengan mengklik menu Grafik Pemakaian Air. Pengecekan grafik pemakaian air dibatasi untuk empat bulan terakhir. Untuk memanfaatkan fitur tersebut, prosesnya sama dengan Fitur Info Tagihan. Pelanggan hanya memasukan nomor langganan.

Pelanggan juga dapat menyampaikan keluhan ke ATB melalui menu Keluhan. Untuk menyampaikan keluhan pelanggan harus memasukan Nama, Alamat, Nomor pelanggan, Nomor telepon, Jenis keluhan , terdiri dari tiga pilihan jenis keluhan yang dapat dipilih yaitu air keruh, pipa bocor, dan air mati.

"Mobile apps juga memungkinkan pelanggan untuk melihat grafik data logger per station untuk pemakaian air setiap 15 menit sesuai dengan water pressure logger yang terdekat dari posisi pelanggan. Informasi tersebut dapat diakses melalui menu Logger," terangnya.

Lalu siapa saja yang dapat mengunduh aplikasi tersebut? Jamal mengungkapkan semua pelanggan ATB yang memiliki telepon selular android dapat mengunduh aplikasi mobile apps melalui google playstore dengan kata kunci "atb mobile".

"Kami juga menyiapkan tim untuk membantu pelanggan yang ingin mengunduh aplikasi tersebut. Bagi yang aktif di media sosial seperti facebook dan twitter, link ATB Mobile Apps dapat dilihat melalui Facebook dan Twitter ATB Batam," pungkasnya.

Editor: Dodo