Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tahun Ini, Dinas PMPUKM Batam Serahkan 345 SHS ke Masyarakat Hinterland
Oleh : Roni Ginting
Senin | 06-04-2015 | 15:39 WIB
febrialin_dinas_pmk-ukm_batam.jpg Honda-Batam
Febrialin, Kepala Dinas PMPK-UKM Kota Batam. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi dan UKM (PMPKUKM) Kota Batam pada tahun ini akan membagikan 345 solar home system (SHS) kepada masyarakat hinterland yang belum menikmati listrik memadai. SHS merupakan sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) mandiri, yang terpasang di rumah masyarakat tanpa ketergantungan dengan mesin diesel lainya.

Menurut Kepala Dinas PMPKUKM Kota Batam, Febrialin, bantuan tersebut akan tersebar di beberapa pulau yang ada di Batam. "Ada 345 (SHS). Tersebar di pulau wilayah hinterland pasti yang belum masuk," kata Febrialin, Senin (6/4/2015).

Bantuan ini dipastikan diberikan kepada masyarakat yang belum pernah mendapatkannya sama sekali. Karena diakui masih ada masyarakat Batam yang belum menikmati listrik dari PLN karena lokasinya berada di pulau-pulau.

Wakil Wali Kota Batam, Rudi, mengatakan, pemerintah kota memang sengaja mengadakan listrik SHS untuk warga yang tinggal di pulau-pulau penyangga. Ia optimis, dengan pengadaan listrik SHS yang sudah dilakukan Pemkot selama beberapa tahun terakhir, maka masalah kelistrikan di pulau penyangga akan selesai tahun depan.

"Pada 2016 listrik yang ada di pulau-pulau akan terang benderang dengan menggunakan program 'solar home system' untuk masyarakat yang ada di hinterland," katanya. (*)

Editor: Roelan