Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pembagian Insentif RT-RW di Batam Sarat 'Pesan Politik'
Oleh : Ahmad Rohmadi
Senin | 06-04-2015 | 11:47 WIB
bantuan uang.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 3.987 RT/RW se-Batam Sabtu lalu menerima insentif sebesar Rp 1,6 juta, yang digabung dari bulan Januari sampai April, dimana setiap bulannya mereka akan mendapatkan insentif sebesar Rp 400 ribu.

Namun, pembagian insentif tersebut 'pesan politik' dari Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dan Wakil Wali Kota Batam, Rudi, untuk bisa mendapatkan dukungan dari masyarakat terkait keduanya yang akan bertarung di pilkada Kepri dan Batam Desember mendatang.

Pasalnya, relawan Dahlan maupun Rudi yang ikut hadir berpakaian seragam. Dimana pendukung Dahlan untuk calon Wakil Gubernur Kepri di punggung seragam mereka bertuliskan "Keluarga Besar Sani Dahlan. Sedangkan para pendukung Rudi untuk Wali Kota Batam dipunggungnya bertuliskan "Mas Bro atau Masyarakat Bersama Rudi Ok".

Di dalam sambutanya Rudi mengatakan bahwa katanya dia bersama Dahlan sengaja menaikan insentif dari tahun lalu sebesar Rp 250 ribu menjadi Rp 400 ribu karena menurutnya berkat bantuan RT/RW pemerintahan ini bisa berjalan dengan baik.

"Namun saya tidak bisa menjamin apakah intensif ini kedepannya masih ada atau tidak jika nanti saya tak lagi menjabat," kata Rudi seolah minta dukungan.

Namun, usai acara tersebut Rudi membantah kalau pembagian insentif ini merupakan caranya untuk mencari dukungan. Dia berdalih bahwa pemberian insentif ini merupakan rutinitas yang di lakukan oleh Pemerintah Kota Batam.

Sedangkan Dahlan dalam sambutanya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh RT/RW yang sudah membantunya dalam menjalankan pemerintah selama dua periode dia pimpin.

Ia katakan bahwa pembagian intensif ini merupakan dari Pemerintah Kota Batam bukan dari provinsi. "Kalau mau intensif dari Provinsi juga, ya pandai-pandai ajalah lah," kata Dahlan sambil tertawa seolah juga minta dukungan.

Editor: Dodo