Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tumpahan Oli Bekas 'Hitamkan' Jalan di Perumahan Taman Sari
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 04-04-2015 | 13:22 WIB
oli bekas tumpah.jpg Honda-Batam
Ceceran oli bekas yang tumpah di depan Perumahan taman Sari. (Foto: Irwan Hirzal/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jalan di depan Perumahan Taman Sari, Tiban Center, Sekupang menuju Baloi, licin dan "menghitam" akibat tumpahan oli bekas yang diangkut truk milik PT Desa Air Cargo bernomor pelar BP 9276 DF pada Sabtu (4/4/2015) sekitar pukul 11.00 WIB. Selain licin, tumpahan oli itu juga menimbulkan bau yang menyengat.

Bahkan arus lalu lintas dari Tiban menuju Baloi menjadi satu jalur. Kemacetan pun tak bisa dihindarkan.

"Macet sudah sampai pom bensin Tiban Lama, Mas," ujar Eko, warga perumahan Taman Sari, kepada BATAMTODAY.COM di lokasi.

Eko menjelaskan, tumpahan oli bekas tersebut belum diketahui penyebabnya. Diduga truk PT Desa Air Cargo Batam kelebihan muatan dan oli itu tumpah saat jalanan mendaki.

"Pasti itu kelebihan muatan, bukan karena ada yang bocor. Kita membantu arus lalu lintas saja, Mas, biar tidak ada yang kecelakaan akibat tumpahan ini," terangnya.

Sopir truk PT Desa Air Cargo, Ali Mas'ud (39), mengatakan, oli bekas itu diambil dari berbagai perusahaan di Sekupang dan selanjutnya akan dibawa ke Kabil, Nongsa. "Kita mau bawa ke kantor. Oli tumpah karena tutup tangki tidak bisa terkunci," kata Ali.

Sejumlah warga sekitar berinisiatif menutupi ceceran oli yang tumpah di jalan dengan pasir. Namun arus Tiban menuju Baloi hingga pukul 11.45 WIB masih macet. (*)

Editor: Roelan