Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Listrik Masih Sering Padam, PLTD Anambas Dituding Selalu Berikan Alasan Klasik
Oleh : Nursali
Sabtu | 04-04-2015 | 12:43 WIB
ilustrasi_padam.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Listik di Tarempa, ibu kota Kabupaten Kepulauan Anambas, masih sering padam secara bergilir. Pihak PT Bersama Kalimantan Sejahtera Powerindo (BKSD), pengelola pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) di Anambas, selalu memberikan alasan yang sama, yakni kerusakan mesin atau gangguan jaringan.

Alasan ini dianggap warga Tarempa adalah alasan klasik, karena hanya itu-itu saja yang disampaikan. "Dari dulu tuh, Bang, begitu terus alasannya. Kalau nggak mesin rusak, pasti gangguan jaringan," kata salah satu warga Tarempa yang tak ingin dituliskan namanya.

Side Manager PT BKSP, Shandie Hidaya, mengatakan, pemadaman listrik yang terjadi di Tarempa akibat adanya gangguan pada jaringan mesin pembangkit listrik. "Bukan rusak, ada gangguan pada sisi jaringan," kata Shandie kepada pewarta di Tarempa, Sabtu (4/4/2015).

Dia berjanji akan segera memperbaiki jaringan mesin pembangkit tenaga listrik ini dalam waktu dekat. "Paling lambat hari Senin (6/4/2015) sudah kembali normal," janjinya

Sementara itu Kepala Unit PLN Tarempa, Sandy, yang dihubungi pewarta mengatakan, pemadaman listrik yang terjadi dikarenakan teknisi PLN tengah menguji coba beban listrik. Dia juga berjanji pemadaman bergilir akan segera berakhir setelah mesin-mesin tersebut selesai diperbaiki.

"Tadi tes beban saja. Kami mohon maaf kepada seluruh masyarakat atas ketidaknyamanan ini," tuturnya. (*)

Editor: Roelan