Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Long Weekend, Penumpang di PDS Melonjak
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 03-04-2015 | 13:42 WIB
pds_penumpang_ponton.jpg Honda-Batam
Penumpang memadati ponton PDS sebelum diberangkatnkan ke berbagai tujuan.

BATAMTODAY.COM, Batam - Jumlah penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) ke berbagai tujuan mengalami lonjakan signifikan bertepatan dengan libur Paskah, Jumat (3/4/2015).

Kepala Syahbandar PDS, Komaruddin, mengatakan lonjakan penumpang yang signifikan tercatat untuk tujuan Moro dan Tanjungbatu sejak pagi sekitar 07.30 WIB tadi.

"Sejak pagi sampai siang, lonjakan terjadi pada tujuan Moro dan Tanjung Batu. Untuk tujuan Tanjungbalai, Selatpanjang, Kualatungkal seperti hari biasa, normal saja," ujar pria yang baru satu bulan lebih menjabat Kepala Syahbandar PDS itu.

Komarudin, mengatakan untuk tujuan Moro dan Tanjungbatu, sudah ada 7 armada kapal yang sudah berangkat sejak pagi. Tiga  kapal tujuan Moro yakni speed Mega Fajar, SP Kurnia dan Tenggiri. Sementara tujuan Tanjungbatu menggunakan kapal Srikandi, Marina 15, Sentosa 15 dan Batam Jet.

"Semua kapal penuh dengan kapasitasnya. Ada yang 120, 102 dan 80 kursi, tak ada satupun tempat duduk yang kosong untuk tujuan Moro dan Tanjungbatu," katanya.

Komaruddin membandingkan di hari biasa dengan tujuan Tanjung Batu dan Moro. Kenaikan jumlah penumpang ini mencapai 40 persen. "Hari biasa satu kapal itu biasa 40 penumpang. Tapi hari ini semua penuh," ujar dia.

Disinggung tentang kondisi cuaca di perairan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang menyatakan cuaca bagus untuk berlayar.

"Cuaca tidak ada kendala. Gelombang, angin maupun jarak pandang normal-normal saja," pungkasnya.

Editor: Dodo