Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Setengah Jam Diguyur Hujan, Sejumlah Wilayah Batam Terendam
Oleh : Gabriel P Sara
Kamis | 02-04-2015 | 17:34 WIB
banjir_di_sagulung.jpg Honda-Batam
Banjir yang melanda dari Simpang Putri Hijau sampai kantor Camat Sagulung. (Foto: Gabriel P sara/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hujan yang mengguyur Batam sekitar setengah jam lebih pada Kamis (2/4/2015) sore membuat sepanjang jalan Sagulung dan Batuaji terendam banjir. Pantauan BATMTODAY.COM, hujan lebat dari pukul 15.30 WIB itu menyebabkan jalan dari simpang lampu merah Putri Hijau sampai kantor Kecamatan Sagulung terendam banjir setinggi lutut orang dewasa.

Kendaraan yang melintas di jalan tersebut terpaksa memutar balik. Bahkan ada beberapa kendaraan roda dua yang menerobos banjir tersebut terpaksa harus didorong karena macet di pertengahan banjir.

"Saya mau jemput adik, Bang, jemput di Sagulung. Tadi pas ke sana belum banjir. Eh, tiba-tiba balik suda setinggi lutut banjirnya. Motor langsung mati karena saya terobos banjirnya, Bang," ujar Roy warga Batuaji yang melintas di daerah banjir tersebut.

Hal yang sama juga di dua titik jalan, yaitu ruas jalan depan Pasar Melayu dan ruas jalan depan Perumahan Buana Raya atau tepatnya di depan Poskopkar, juga terendam banjir. Sementara, di tiga titik banjir tersebut, drainase sepanjang jalan yang dilanda banjir itu sudah dilebarkan.

"Sama saja, Bang. Walaupun sudah diperbesar selokan itu masih saja banjir. Mungkin karena makin banyak penduduk, ya, jadi banjirnya lari ke jalan-jalan yang posisinya rendah. Kalau hujan ya seperti ini, Bang, selalu banjir," kata Wati, warga yang berjualan di depan Perumahan Buana Raya.

Sementara ruas jalan sebelum Simpang Barelang, Tembesi, sudah menjadi langganan banjir setiap kali hujan. Banjir yang melanda di daerah tersebut lebih tinggi dari daerah-daerah lain. Bahkan kendaraan yang melintasi di jalan tersebut terpaksa harus genangan air tersebut surut.

"Kalau maksa juga nggak bisa, Bang, banjirnya tinggi kaya gitu. Terpaksa harus nunggu sampai turun banjirnya, Bang," ujar Radit, karyawan di Mukakuning

Akibat dari banjir yang melanda di daerah sebelum Simpang Barelang dari arah Batuaji itu kedua ruas jalan kiri maupun kanan macet total. Kemacetan panjang tersebut dari simpang barelang hingga Bukit Daeng, begitu ruas jalan arah Batuaji, juga macet total hingga SP Plaza. (*)

Editor: Roelan