Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hutan Dam Nongsa Terbakar
Oleh : Hadli
Kamis | 02-04-2015 | 15:57 WIB
hutan_dam_nongsa_terbakar.jpg Honda-Batam
Kepulan asap dari lokasi hutan yang terbakar, terlihat dari kejauhan. (Foto: Hadli/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kebakaran kembali terjadi di wilayah Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa. Setelah sebelum hutan semak kawasan Montogo, kini giliran hutan yang berada di Waduk Dam Nongsa yang terbakar, Kamis (2/4/2015).

"Api mulai terlihat sekitar pukul 13.00 WIB siang tadi," kata Zainal, petugas Petugas Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) Badan Pengusahaan Batam di Nongsa di lokasi waduk, Kamis siang.

Menurutnya, api dengan cepat menjalar di atas bukit hingga membakar hutan pinggir waduk. Petugas sudah mengerahkan dua unit mobil pemadam dan satu unit mobil tangki air dari PBK Tanjungpiayu.

"Ada tiga mobil yang dikerahkan dengan puluhan personil PBK BP Batam, satu dari PBK Nongsa dan dua unit dari PBK Tanjungpiayu," jelasnya.

Petugas juga menggunakan mesin waterpump yang dapat langung menyedot air dari waduk.

Akibat kebarakan hutan di kawasan waduk Dam Nongsa, asap juga telah mencemari udara sekitar. Diperkirakan, sudah sekitar puluhan hektar hutan waduk Dam Nongsa yang terbakar.

"Diperkirakan, sekitar 10 hektar sudahh terbakar, apinya menyebar ke mana-mana," kata Ari, petugas PBK BP Batam sambil terlihat mengarahkan anggotanya.

Hingga pukul 15.00 WIB, petugas masih berusaha memadamkan api. (*)

Editor: Roelan