Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wah, Nilai Koleksi Batu Akik Bupati Anambas Setara Dua Unit Kijang Innova
Oleh : Nursali
Rabu | 01-04-2015 | 15:11 WIB
Bupati Kepulauan Anambas, Tengku Mukhtaruddin Saat Memamerkan Cincinnya Kepada Pewarta.JPG Honda-Batam
Bupati Kepulauan Anambas, Tengku Mukhtaruddin, saat memamerkan cincinnya kepada pewarta. (Foto: Nursali/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Bupati Kepulauan Anambas, Tengku Mukhtaruddin, ternyata penggila batu mulia atau batu akik. Hasil koleksinya dari dalam dan luar negeri selama puluhan tahun disebut seharga dua unit mobil Kijang Innova.

Mukhtaruddin menuturkan, ada beragam jenis batu akik yang dikumpulkannya, mulai dari jenis safir, kecubung hingga giok. Dia juga mengaku mengumpulkan batu akik itu karena sekadar hobi.

"Aku ni pengagum batu sudah dari lama," kata Mukhtaruddin kepada pewarta di gedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS) Tarempa, belum lama ini.

Menurutnya, Anambas memiliki banyak potensi, termasuk potensi batu-batu berharga mengingat struktur bumi di kabupaten ini juga dominan bebatuan. Sehingga tak jarang masyarakat setempat menemukan berbagai macam jenis batu berharga.

Bahkan Mukhtaruddin sendiri mengaku sempat mengolek batu dari tanah Anambas. "Kemaren saya baru buat batu cincin yang dari Tiangau," katanya.

Dari hasil koleksinya Mukhtaruddin memprediksi, harga batu akik yang ia kumpulkan setara dua unit mobil Kijang Innova. Dia tak berniat menjual koleksinya, meskipun sudah banyak yang menawar.

"Ini saya koleksi dari tahun 90-an. Saya koleksi pribadi saja," ucapnya.

Ia juga tak menampik jika di antara tempat-tempat yang sering ditemukannya batu-batu berharga di Anambas memiliki keunikan sendiri. Bahkan di beberapa tempat dipercaya memiliki kekuatan mistis tersendiri untuk menemukan batu tersebut.

"Kemaren saja saya pergi sama Pak Adnan Nala. Batu yang awalnya batu blue safir tua, berubah menjadi batu granit," kata Mukhtaruddin sembari menunjukkan foto batu tersebut di ponsel miliknya. (*)

Editor: Roelan