Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur Buka Musrenbang Kepri, Kepala Daerah dan Legislatif Banyak Tak Hadir
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 01-04-2015 | 14:14 WIB
musrenbang_kepri_2015.jpg Honda-Batam
Musrenbang Kepri 2015.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Muhammad Sani secara resmi membuka pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah Provinsi Kepri di Aula Kantor Gubernur Kepri, Rabu (1/4/2015). 

Sayangnya dari 3 anggota DPR RI daerah pemilihan Kepri, tidak satupun yang hadir. Sedangkan anggota DPD RI, hanya Haripinto yang terlihat hadir, dan Ria Saptarika yang datang terlambat.

Sementara dari 45 anggota DPRD Kepri, yang hadir sesuai absen, hanya 22 orang, 23 orang lainnya tidak hadir. 

Sedangkan dari 7 Kepala daerah Kabupaten/Kota di Kepri hanya 5 kepala daerah yang hadir, sementara Bupati Natuna dan Anambas tidak tampak hadir.

Kepala Bappeda Kepri Naharuddin dalam laporannya mengatakan Musrembang Daerah Provinsi Kepri 2015 dalam merencanakan pembangunan sesuai APBD 2016, dihadiri kurang lebih 1.250 orang, dan dilaksanakan selama dua hari. 

"Tujuan pelaksanaan Musrenbang adalah dalam rangka menyusun, merencnanakan dan dan melaksanakan serta melakukan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pembangunan di derah, yang dituangkan dalam Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah, sebagai jabaran dari RPJMD," kata Naharuddin. 

Adapun RKPD 2016, dititikberatkan nantinya pada penjabaran Rencana Strategis Satuan Kerja Pembangunan Daerah dengan tujuan terlaksananya kegiatan pembangunan yang terencnana pada APBD, yang sinergis dan sinkron. 

Hasil dan rangkuman dari Musrenbang, selanjutnya dituangkan dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Plafon Pembangunan Sementara, hingga menjadi rujkukan Rancangan Perda APBD 2016. 

Musrenbang akan dilakukan dalam dua hari meliputi, sidang pleno berupa pemaparan strategi dan rencana pembangunan daerah dari Bappeda seluruh Kabupaten/Kota masing-masing, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan sidang kelompok pada 6 bidang meliputi pendidikan, kesehatan dan infrastruktur serta bidang lainnya.

Selain dihadiri, seluruh SKPD, Musrenbang Daerah Provinsi Kepri 2015 ini juga diikuti seluruh SKPD, BUMD dan BUMN, tokoh masyarakat, LSM, Ormas, serta seluruh pimpinan instansi vertikal. Sementara Mendagri dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, yang diwakili staf dan dirjennya.‎

Editor: Dodo