Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

James Bond Berikutnya Berkulit Hitam
Oleh : Redaksi
Senin | 30-03-2015 | 07:58 WIB
screen-shot-2014-12-21-at-12-55-23-pm.png Honda-Batam
Poster Idris Elba sebagai James Bond seperti permintaan Sony Pictures. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM - RUMOR berkembang, James Bond bakal berganti "rupa". Agen rahasia 007 itu konon bakal diperankan aktor kulit hitam.

Namun bekas pemeran James Bond, Sir Roger Moore, mengatakan, ia tak berniat rasis ketika berkomentar tentang kemungkinan sosok James Bond mendatang diperankan aktor berkulit hitam.

Disebutkan, dalam wawancara dengan majalah Prancis, Paris Match, ia ditanya tentang kemungkinan aktor hitam Idris Elba menggantikan Daniel Craig sebagai James Bond. Aktor kawakan itu dikutip mengatakan bahwa agen rahasia 007 mendatang mestinya seorang "Inggris yang Inggris".

Jawaban ini kontan memicu kontroversi. Namun pemeran Bond di tujuh film itu menandaskan, kutipan itu telah "lost in translation", melenceng karena penerjemahan.

Di masalah populer Prancis itu, kutipan jawaban Moore yang dituding rasis dicetak di bawah judul utama "Idris Elba: le prochain Bond?", atau "Idris Elba: Bond berikutnya?"

Kutipan yang tertera di bawah judul itu --jika diterjemahkan-- berbunyi: "Beberapa tahun lalu saya bilang (aktor kulit hitam) Cuba Gooding Jr bisa menjadi (pemeran) Bond yang jempolan, tapi itu hanya guyonan."

"Kendati James (Bond) sudah pernah diperankan (aktor) Skotlandia, Wales, dan Irlandia, saya kira dia haruslah tetap Inggris-Inggris, Itu ide yang menarik, namun tidak realistis."

Namun Sir Roger bersikeras bahwa yang dia maksud bukanlah Idris Elba, melainkan kebangsaan James Bond.

Lebih jauh, Sir Roger menjawab sebuah twit dengan: "Ketika seorang jurnalis bertanya apakah 'Bond mesti seorang Inggris' dan kita setuju, lalu kutipannya adalah kita lagi berbicara tentang Idris Elba, hal itu keluar konteks."

Pada bulan Desember 2014, menyusul peretasan terhadap Sony Pictures, sejumlah email mengisyaratkan bahwa seorang direktur Sony waktu itu, Amy Pascal, ingin agar Idris Elba menjadi James Bond berikutnya.

Saat itu, Idris Elba menanggapi dengan sebuah selfie, dilengkapi kalimat: "Bukannya 007 itu mesti ganteng? Senang bahwa saya dilirik." (*)

Sumber: BBC