Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gudang Bekas di Kabil Terbakar, Asap Hitam Membumbung
Oleh : Hadli
Jum'at | 27-03-2015 | 18:14 WIB
_227895.jpeg Honda-Batam
Asap hitam pekat dari bahan plastik membumbung tinggi ke udara. (Foto: Hadli/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Warga Kabil dikejutkan terjadinya kebarakan gudang kayu bekas, tidak jauh dari Puskesmas Kabil, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Jumat (27/3/2015) petang. Pasalnya asap hitam pelat yang mengepul ke udara membuat warga panik.

"Lokasi yang terbakar itu gudang kayu bekas. Api berasal dari plastik bekas tempat penampungan besi tua di bawah gudang itu," kata Yuli, pemilik toko bangunan, tak jauh dari lokasi.

Disampaikannya, awalnya api terlihat kecil. Namun hanya berselang beberapa menit api mulai membesar hingga membakar gudang kayu tersebut.

Gudang kayu bekas tersebut terbuat dari papan, balok, dan batang kayu bakau yang kering sehingga mudah terbakar. Angin juga berhembus sangat kencang.

"Setelah gudang tersebut terbakar, asap sangat pekat ke udara. Selain kayu asap tebal juga dikarenakan banyak barang bekas berbahan plastik yang terbakar. Angin  kencang juga menyebabkan kebakaran meluas," kata dia.

Akibat kebakaran tersebut, ruas jalan kompleks kavling Kabil ditutup. Hal itu dikarenakan banyak warga sekitar dan melintas ingin menyaksikan korbaran api. Hingga pukul 17.30 WIB, api masih nampak berkobar meski pemadan kebakaran BP Batam sudah tiba dan berupaya memadamkan api.

"Asapnya tebal sekali. Semoga tidak merambah kepemukiman warga kavling. Kalau asap masuk ke wilayah udara, tentu akan mengganggu pernafasan," kata Juni, warga sekitar. (*)

Editor: Roelan