Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pusat Perbelanjaan di Batam Didorong Tingkatkan Kualitas Musholla
Oleh : Ahmad Rohmadi
Rabu | 25-03-2015 | 18:13 WIB
executive-musholla-11.jpg Honda-Batam
Ilustrasi. (Foto: pacificplace.co.id)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melalui Dinas Pariwisata mendorong pengelola pusat perbelanjaan atau mall menyiapkan fasilitas musholla yang layak, sebagai upaya membangun Batam menjadi daerah tujuan wisata muslim.

Tahap awal, Pemerintah mendorong lima pusat perbelanjaan di Kota Batam untuk tingkatkan kualitas mushollanya yakni Mega Mall, DC Mall, Nagoya Hill, BCS, dan Kepri Mall. Delapan mall lainya akan menyusul pada tahap berikutnya.

Kepala Dispar Kepri, Guntur Sakti menjelaskan peningkatan kualitas musholla ini penting untuk memberikan rasa nyaman bagi umat Muslim yang hendak melasanakan ibadah saat berkunjung ke mall.

"Mall di Batam merupakan lokasi yang sering dikunjungi turis. Fasilitas musholla di mall perlu diperbaiki dan ditambah demi berikan kenyamanan wisatawan khususnya yang muslim," ujar Guntur, di PIH Hotel Batam Centre, belum lama ini.

Selain di Batam, Pemprov Kepri juga mendorong hal yang sama di tiga kabupaten/kota lain yang menjadi pintu masuk wisatawan mancanegara. Yakni di Kabupaten Bintan, Kota Tanjungpinang, dan Kabupaten Karimun.

Dorongan ini dilakukan sebagai upaya merebut pasar wisatawan mancanegara dari Malaysia, khususnya untuk wisata halal bagi muslim.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Organisasi Masyarakat Persaudaraan Lintas Agama (Pelita), Didi Suryadi berharap agar perbaikan tidak hanya peningkatan kualitas, tetapi juga berupa perluasan ruang ibadah.

"Mushollanya juga perlu ditambah luasnya. Jangan kecil, kemudian lokasinya jorok, itu bisa mengurangi kenyamanan," pesan Didi.
‬
Editor: Dodo