Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Danrem 033 Wira Pratama Ajak Insan Pers Ciptakan Kondusifitas di Kepri
Oleh : Charles Sitompul/Irwan Hirzal
Rabu | 25-03-2015 | 13:10 WIB
silaturahim_danrem.jpg Honda-Batam
Danrem 033 Wira Pratama, Brigadir Jenderal TNI Eko Margiyono saat beramah tamah dengan kalangan pers di Batam.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komandan Korem 033 Wira Pratama, Brigadir Jenderal TNI Eko Margiyono mengajak seluruh insan pers dan media massa turut menciptakan kondusifitas di Provinsi Kepulauan Riau.

Hal itu disampaikannya dalam sebuah pertemuan dengan insan pers dan pimpinan media di Kepri, di Makodim 0316 ‎Batam, Rabu (25/3/2015). 

Eko mengatakan komunikasi dan silaturahmi yang positif antara TNI dan wartawan perlu dibangun, dalam melaksanakan pekerjaan, penyelesaian permasalahan serta menjaga keamanan dan kenyamanan di Kepri.

"Inti utama, bagaimana kita berkomunikasi, baik dalam pelaksanaan tugas, pergaulan dan menyelesaikan permasalahan. Komunikasi yang baik dan positif akan menjadi sarana dan sinergitas TNI dan wartawan dalam menjaga keamanan, kenyamanan serta mengantisipasi adanya benturan di masyarakat," kata Eko.

Dalam kesempatan itu, Eko juga mengatakan selain TNI, wartawan juga memiliki tanggung jawab dalam menjaga keamanan dan kenyamanan di daerah. Apalagi, dalam menjelang pemilihan lepala daerah di 6 Kabupaten Kota serta Provinsi Kepri yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2015 mendatang. 

‎"Menjaga kondusifitas dan keamanan, serta mengantisipasi isu SARA, serta  benturan di masyarakat, menjadi tanggung jawab kita semua," kata Eko.
 
Dalam pelaksanaan pilkada di Kepri, kata lulusan Akmil 1989 ini,  TNI akan tetap netral dan tidak akan ikut dan terjebak dalam permainan politik sesuai dengan aturan yang berlaku. Karena siapapun pemimpin dan yang akan terpilih menjadi Gubernur nantinya, merupakan pilihan rakyat dan TNI tetap menjadi TNI. 

"‎TNI akan tetap netral, karena siapapun Gubernurnya nanti, ya kami tetap jadi aparat, dan tidak mungkin jadi Sekda," ujarnya.

‎Sebagai alat negara, Jenderal Bintang Satu ini juga meminta agar semua pihak, termasuk wartawan dalam menyampaikan informasi pemberitaan juga menjaga independensi dan profesionalisme.

"Hal itu tercipta, dengan memberikan informasi dan bahasa pemberitaan yang tidak provokatif dan tendensius. Tetapi setidaknya, ada Penyempaiaan pemberitaan yang luwes, bijak, serta informasi pemberitaan yang dibuat menjadi edukasi positif bagi masyarakat," kata dia.

Kepada media Eko juga mengingatkan, tidak ‎terjebak dengan kepentingan dan keinginan pemilik media massa, khususnya pada pelaksanaan pilkada di Kepri. 

"Mari kita menjaga ketertiban dan keamanan, berikanlah informasi yang benar dan jujur agar tidak menjadi pemicu perpecahan dan mis-komunikasi yang salah di kalangan masyarakat," pungkasnya. 

Editor: Dodo