Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kunyit Dapat Sembuhkan Reumatik
Oleh : M46
Sabtu | 02-07-2011 | 11:23 WIB
rematik.jpg Honda-Batam

Penderita reumatik biasa sering merasa nyeri pada persendian tubuhnya

California, batamtoday - Kunyit selain dapat dimanfaatkan sebagai bumubu masakan, ternyata tanaman yang bernama latin Curcuma Longa ini juga memiliki khasiat meringankan rasa nyeri pada persendian.

Sebuah penelitian yang dilakukan sejumlah ahli dari University of California menyebutkan, senyama kurkumin yang terkandung dalam Kunyit, dalam dosis tertentu dapat meringankan rasa nyeri pada tubuh Manusia.

Demikian dikutip batamtoday dari laman Journal Arthritis dan Rheumatisme, Sabtu, 02 Juli 2011.

Kunyit (Curcuma longa) adalah tanaman herba berimpang dari keluarga jahe-jahean (Zingiberaceae), yang berasal dari daerah tropis Asia Selatan. Tanaman ini memerlukan temperatur 20 °C hingga 30 °C serta curah hujan yang rutin untuk tumbuh normal.

Senyawa kimia yang terkandung dalam kunyit adalah kurkumin (sejenis senyawa polifenol) dan minyak atsiri. Kurkumin adalah senyawa aktif pada kunyit, yang terdapat dalam dua bentuk tautomer, yakni bentuk keto pada fase padat dan bentuk enol pada fase larutan.

Kurkumin sebagai pereda inflamasi pada sendi, diketahui setelah sebuah percobaan menyimpulkan senyawa ini mampu menghambat enzim COX-2. Besaran dosis kurkumin yang diperlukan untuk mengurangi rasa sakit pada sendi adalah sekitar 150 mg.

Journal Arthritis dan Rheumatism menyebutkan, hasil penelitian terhadap manfaat Kurkumin tersebut dapat menjadi alternatif terbaru dalam penanganan penyakit sendi, seperti Reumatik.