Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPRD Lingga Desak Pemkab Siapkan Laporan Keuangan Triwulan 2015
Oleh : Nur Jali
Rabu | 25-03-2015 | 09:58 WIB
2015-03-25 10.02.49.jpg Honda-Batam
Muhammad Nizar Ketua DPRD Lingga.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lingga meminta kepada eksekutif untuk segera mempersiapkan laporan keuangan hasil kegiatan triwulan pertama bulan (Januari-Februari-Maret) paling lambat minggu pertama bulan April 2015.

Muhammad Nizar Ketua DPRD Lingga mengatakan laporan triwulan ini sangat penting untuk, terus memantau keadaan keuangan daerah sebagai salah satu fungsi dari DPRD dalam pengawasan anggaran. 

"Kita beri tempo sampai minggu pertama bulan April, tepatnya tanggal 06 April 2015 untuk setiap SKPD memberikan laporan pelaksanaan kegiatannya dan penggunaan anggarannya pada triwulan pertama," kata Nizar kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (24/3/2015).

Mengenai belum dibuatnya Peraturan Bupati Lingga tentang penggunaan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA), DPRD meminta tegas kepada bupati untuk sesegera mungkin membuatnya agar setiap SKPD dapat menyelesaikan program kerja yang telah disusun dan disahkan oleh DPRD Lingga menjadi peraturan daerah untuk segera direalisasikan.

"Kita minta penyesuaian perbup-nya jangan diperlambat, karena jelas ini akan mengganggu program kegiatan yang sudah direncanakan di tahun 2015 ini. Jika hal ini terus diulur-ulur oleh bupati itu sama saja menghambat program yang telah disepakati bersama dengan DPRD melalui perda yang telah dikeluarkan," kata dia.

"Sekali kita tekankan SKPD harus melaporkan penggunaan anggaran belanja daerah setiap tiga bulan, kalau sampai sekarang masih belum disesuaikan perbupnya maka pelaporan nanti akan menjadi bumerang bagi setiap SKPD," kata Nizar.

Terpisah, Plt Sekda Kabupaten Lingga Muhammad Aini yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DP2KA) Kabupaten Lingga mengatakan bahwa saat ini draft peraturan bupati tersebut sudah sampai ke tangan bupati dan dalam minggu ini akan segera ditandatangani diterbitkan.

Editor: Dodo