Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemda Diminta Bangun Fasilitas Pelabuhan yang Memadai

ASDP Batam Berencana Layarkan Roro ke Anambas dan Natuna
Oleh : Hadli
Rabu | 25-03-2015 | 08:34 WIB
pelabuhan_roro_-_mobil_masuk.jpg Honda-Batam
Pelabuhan roro di Batam. ASDP targetkan 2016 kapal roro bisa melayari Natuna dan Anambas. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Batam berencana membuka rute ke Kabupaten Kepulauan Anambas dan Natuna guna memperlancar pasokan pangan dan sebagainya guna meningkatkan kebutuhan dan ekonomi wilayah tersebut. Jika rencana pelayaran kapal roll-on-roll-off ini terealisasi, distribusi kebutuhan pokok di dua kabupaten tersebut bisa semakin lancar.

"Kami sudah survei ke lapangan dan kami sedang mengupayakan untuk membuka pelayaran ke dua wilayah tersebut. Namun sepertinya baru 2016 bisa terlaksana," kata Dadag Wijanarko, Kepala PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Batam, di Kabil, Selasa (24/3/2015).

Kapal roro yang dioperasikan saat ini ukurannya masih kecil. Sementara ombak yang besar di di perairan kedua wilayah tersebut harus menggunakan kapal berukuran besar, di atas 1.000 GRT dan membutuhkan dermaga memadai pada pelabuhan tujuan.

"Jika terlaksana, tentu akan sangat membantu masyarakat dua kabupaten tersebut. Setidaknya tidak akan ada ketimpangan harga yang tinggi. Selain itu juga bisa membantu mobilitas masyarakat," terangnya.

Dadag juga menyampaikan, untuk bisa berlayar ke Natuna dan Anambas pihaknya sangat membutuhkan peran serta pemerintah daerah maupun Pemerintah Provinsi Kepri dalam penyediaan fasilitas pelabuhan. Selain merencanakan berlayar dari Batam ke Natuna dan Anambas, pihaknya juga berencana menyambungkan ke Jambi.

"Selain Natuna dan Anambas sebenarnya kami juga sudah melakukan survei sampai ke Jambi untuk membuka pelayaran Lingga-Jambi. Tapi sampai saat ini belum ada pelabuhan yang bisa disandari," terang dia.

Untuk diketahui, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Batam sudah melayani pelayaran dari Batam ke Tanjunguban, Batam-Karimun-Pekanbaru, Batam-Lingga, Tanjungpinang-Lingga dan Tanjungpinang-Karimun. (*)

Editor: Roelan