Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hutan Dekat Lokasi Pos Tiga Pertamina Tanjunguban Terbakar
Oleh : Harjo
Selasa | 24-03-2015 | 17:55 WIB
pemadam_kebakaran_saat_memadamkan_api_di_kp_jeruk_Tanjunguban.jpg Honda-Batam
Petugas sedang memadamkan api di lokasi kebakaran. (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Kebakaran hutan menghanguskan hutan sekitar 2 hektar di dekat Pos 3 Pertamina Tanjunguban di Kampung Jeruk, Kelurahan Tanjunguban Utara, Bintan Utara, Selasa (24/3/2015) siang pukul 12.00 WIB. Kebakaran itu sempat membuat panik warga sekitar dan pihak Pertamina Tanjunguban, karena Pos Tiga Pertamina hanya berjarak sekitar 200 meter dari lokasi kejadian.

Dua tim dan kendaraan pemadam kebakaran milik Pertamina dan satu tim Damkar dari Kecamatan Bintan Utara diterjunkan untuk memadamkan api. "Api yang tidak diketahui asalnya tersebut menghanguskan hutan milik warga dan hanya menyisakan pepohonan. Api  baru bisa dipadamkan sekitar satu jam sejak diketahui terjadinya kebakaran," kata Hendrik, warga Tanjunguban kepada BATAMTODAY.COM di Tanjunguban.

Saleh Hasan, warga yang rumahnya berbatasan langsung  lokasi kebakaran, menjelaskan, dirinya sama sekali tidak mengetahui asal api karena secara tiba-tiba api sudah besar dan melahap hutan.

"Untung tim pemadam bisa menguasai api hingga api tidak menjalar ke lokasi lain baik ke pemukiman dan rumah masyarakat yang ada di sekitarnya," katanya.

Kapolsek Bintan Utara, Komisaris Polisi Joko Priyanto, menyampaikan, sumber api yang menghanguskan sekitar 2 hektar di sekitar Pos Tiga Pertamina itu belum diketahui. "Walau sempat membuat panik warga sekitar, namun tidak memakan korban jiwa dan rumah warga. Karena tim Damkar bisa langsung melokalisir hutan yang terbakar. Asal usul api belum diketahui karena masih dilakukan penyelidikan," katanya. (*)

Editor: Roelan