Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

42.825 Ton Raskin Disalurkan ke 2.855 Warga Sekupang Tiap Bulan
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 24-03-2015 | 15:40 WIB
raskin....jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 2.855 Rumah Tangga Sasaran (RTS) di Kecamatan Sekupang akan menerima beras miskin (Raskin) sebanyak 42.825 ton setiap bulannya.

Penerimaan raskin tersebut merupakan subsidi pangan yang diperuntukkan bagi rumah tangga berpenghasilan rendah. Upaya pemerintah tersebut merupakan salah satu peningkatkan ketahanan pangan.

"Program raskin ini diberikan ke RTS per bulannya, dan itu diberikan ke tujuh Kelurahan yang ada di Kecamatan Sekupang," kata Camat Sekupang, Zurniati saat dihubungi, Selasa (24/3/2015).

Dari tujuh kelurahan tersebut yang paling banyak menerima raskin adalah kelurahan Sungai Harapan. 

"Penduduk Sungai Harapan masih banyak yang berpenghasilan rendah, dan mereka mendapatkan 11.8 ton raskin," ujarnya.

Zurniati menjelaskan selain kelurahan Seiharapan yang paling banyak mendapatkan raskin, masih ada Kelurahan Tanjungriau sebanyak 7,7 ton, Tiban Lama 7 ton, Patam Lestari 6,1 ton, Tanjungpinggir 4,8 ton, Tiban Indah 2,7 ton, dan yang paling sedikit adalah Tiban Baru sebanyak 2,3 ton.

"Untuk Tiban Baru masyarakat atau RTS-nya sudah lumayan berpenghasilan, RTS di sana tidak terlalu banyak," kata Zurniati.

Sedangkan untuk mekanisme pembagiannya nanti, Zurniati akan mengawasi RTS yang berhak mendapatkan beras subsidi tersebut. 

"Untuk RTS yang layak atau tidak sudah kami rapatkan dengan RT dan Lurah setempat, dan pengajuan dari perangkat lurah tersebut kami keroscek lagi," pungkasnya.

Editor: Dodo