Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ada Pemeliharaan Mesin Pembangkit, Listrik Batam Byarpet Sejak Kemarin
Oleh : Roni Ginting
Senin | 23-03-2015 | 11:40 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - PLN Batam kembali melakukan pemadaman listrik dengan alasan pemeliharaan mesin. Hal tersebut sangat menghambat aktivitas warga.

Informasi yang dihimpun, pemadaman terjadi sejak Minggu (22/3/2015). Di Perumahan Bukit Palem Permai Batam Centre pemadaman terjadi selama 5 jam lebih sejak pukul 10.30 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

Pada Senin (33/3/2015) pukul 10.00 WIB listrik kembali padam. Hal tersebut dikeluhkan warga, pasalnya pemadaman dilakukan tanpa ada pemberitahuan lebih dahulu. 

"Bagaimana PLN ini, bayar mahal tapi listrik sering padam gini," kata Jimi, salah satu warga perumahan tersebut kepada BATAMTODAY.COM.

Sementara, Rudi Antono, Corporate Communication bright PLN Batam yang dikonfirmasi mengatakan pemadaman terjadi karena ada pemeliharaan mesin di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Kasam 2X55 MW.

"Namun hanya satu unit saja yang dilakukan pemeliharaan, ini merupakan pemeliharaan rutin yang kami lakukan agar mesin pembangkit dapat bekerja optimal," kata Rudi.

Pemeliharaan mesin pembangkit tersebut dijadwalkan hingga tanggal 3 April 2015,namun untuk pemadaman di sisi pelanggan hanya terjadi pada hari kerja atau Senin hingga Jumat dengan durasi sekitar 2,5 jam agar hari Sabtu dan Minggu tidak terganggu oleh pemadaman listrik.

"Pemeliharaan PLTU saat ini kategorinya Minor Overhaul (MO) yang difokuskan pada pemeliharaan instalasi sistem batu bara dan untuk saat ini sistem kelistrikan di Batam defisit sebesar sekitar 26 MW pada pagi hari, 30 MW pada siang hari, dan sekitar 16 MW pada malam hari," tambah Rudi

Pelanggan dapat mendapat informasi pemadaman melalui contact centre bright PLN Batam 123 dari telepon rumah atau 0778 123 dari HP dan dapat juga dilihat pada website www.plnbatam.com pada menu informasi pemadaman. 

"Untuk mengurangi dampak terjadinya pemadaman, kami mengimbau para pelanggan dapat melakukan penghematan penggunaan tenaga listrik selama dilakukannya pemeliharaan, misalnya dengan mematikan lampu, dan alat-alat elektronik apabila tidak dipergunakan," tutup Rudi. 

Editor: Dodo