Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Singkep Pertahankan Juara Umum di STQ VI Lingga
Oleh : Nurjali
Senin | 23-03-2015 | 10:09 WIB
malam penutupan stq.jpg Honda-Batam
Tarian kolosal saat penutupan STQ VI Kabupaten Lingga. (Foto: Humas Pemkab Lingga)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Kecamatan Singkep kembali mempertahankan juara umum pada Seleksi Tilawatil Quran (STQ) VI Kabupaten Lingga yang digelar di Singkep 17 - 23 Maret 2015. Pada STQ III dua tahun lalu, Singkep meraih juara umum.

Dalam sambutannya saat penutupan STQ, Wakil Bupati Lingga, Abu Hasim, memuji keberhasilan anak didik dari pesantren bentukannya, Pesantren Baitul Qur'an di Desa Tanjungharapan, Kecamatan Singkep, yang berhasil memenangkan bonus juara yakni umrah gratis atas nama Encik Abdul Syukur dan Dewi Safitri. Kedua santri ini merupakan Hafidz terbaik yang sudah mampu menghafal 24 juz dalam satu tahun, dan 30 juz dalam dua tahun.

"Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Lingga akan mempersiapkan para peserta yang telah berhasil masuk ke babak final untuk kembali mendapatkan training centre untuk mengikuti lomba STQ di tingkat Provinsi Kepri," kata Hasim, di Lapangan Sepak bola Sultan Mahmud Riayatsyah, Minggu (22/04/15) malam.

"Juara satu pada STQ tingkat Kabupaten Lingga ini belum tentu dapat mewakili Kabupaten Lingga di perhelatan STQ tingkat Provinsi nanti. Yang akan mewakili Lingga akan ditentukan pada hasil training centre (TC) yang telah disiapkan oleh LPTQ," imbuhnya.

Adapun para pemenang pada STQ VI ini antara lain pada cabang tartil putra dimenangkan oleh khafilah dari Singkep Barat dan tartil putri dari Singkep, cabang tilawah anak-anak putra dari Singkep dan tilawah anak-anak putri utusan senayang. Kemudian cabang tilawah remaja putra dari Singkep Barat dan tilawah remaja putri dari Singkep, serta cabang tilawah dewasa putra dari Selayar dan cabang tilawah dewasa putri dari Singkep.

Sedangkan pada cabang syarhil Quran dimenangkan oleh utusan Lingga, dan fahmil Quran dari Singkep. Sementara di bidang kaligrafi atau khattil Qur'an untuk cabang dekorasi putra dimenangkan oleh utusan Singkep, khattil dekorasi putri dari Singkep Barat, cabang kahttil mushab putra dari Singkep Pesisir, khattil mushab putri dari Singkep Barat, cabang khattil naskah putra dari Lingga, dan cabang kahttil naskah putri dari tusan Singkep.

Selanjutnya di cabang hafalan Quran atau hifzil Quran 1 juz putra dimenangkan oleh utusan Singkep Barat, hifzil Quran putri 1 juz oleh Singkep Barat, dan 5 juz putra dari singkep serta 10 juz putri dari Singkep Barat. (Baca: Bupati Daria Buka STQ VI Kabupaten Lingga)

Juara umum pada tahun ini memperoleh point 64 poin yang kembali di raih Kecamatan Singkep, dan untuk juara perlombaan pawai ta'aruf dimenangkan oleh khafilah Kecamatan Singkep Pesisir, serta untuk rebana dimenangkan oleh Kecamatan Singkep Barat. 

Kegiatan yang dibuka pada tanggal 17 Maret yang lalu ditutup lebih awal dari jadwal yang telah ditentukan pada 23 Maret 2014. Sementara, STQ VI ini juga menjadi "kado perpisahan" untuk Bupati Lingga, Daria. (Baca: Jadi 'Kado Perpisahan' untuk Daria, Panitia Janji Meriahkan STQ IV Lingga). (*)

Editor: Roelan