Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jaguar Tarik SUV di Tiongkok karena Masalah Gearbox
Oleh : Redaksi
Sabtu | 21-03-2015 | 10:47 WIB
range-rover-2015-3-640x360_c.jpg Honda-Batam
Range Rover Evoque.

BATAMTODAY.COM - Jaguar Land Rover menarik lebih dari 36.000 kendaraan yang dapat membawa penumpang dan barang (SUV) di Tiongkok setelah televisi pemerintah menyiarkan keluhan terkait gearbox atau persneling.

Penarikan ini berlaku untuk SUV Range Rover Evoque dan pembuat kendaraan ini akan memperpanjang periode garansi bagi persneling kendaraan yang bermasalah.

Siaran CCTV pada hari Minggu menuduh pembuat kendaraan Inggris tersebut tidak menjawab keluhan pelanggan terkait gearbox.

Pembuat kendaraan asing besar lainnya juga dijadikan sasaran acara televisi tersebut.

Rekan usaha Nissan, Volkswagen dan Mercedes-Benz di Tiongkok dituduh menuntut pelanggan membayar terlalu besar pada tempat pelayanannya. Semua perusahaan ini telah meminta maaf.

Di samping penarikan kendaraan, Jaguar Land Rover, juga meminta maaf kepada pelanggan lewat blog Sina Weibo, Twitter versi Tiongkok.

Jaguar Land Rover baru-baru ini menanam modal senilai £1 miliar di pasar kendaraan paling besar dunia ini dengan membuka pabrik produksi pertamanya di dekat Shanghai, Tiongkok pada bulan Oktober.

Saham perusahaan induknya Tata Motors India turun 1,5% di Mumbai.

Televisi pemerintah Tiongkok CCTV menargetkan sejumlah perusahaan asing pada Hari Hak Konsumen Dunia pada tanggal 15 Maret sebelumnya, dengan mengecam Apple dan McDonald.

Sumber: BBC