Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebulan Lebih Gaji Tak Dibayar

CV Adilindo Jaya Teknik Mangkir, 70 Buruh Terlantar
Oleh : Gokli/Dodo
Jum'at | 01-07-2011 | 17:04 WIB

Batam, batamtoday - Sebayak 70 buruh pembuat Tongkang Hull 086 baik karyawan borongan maupun harian dari CV Adilindo Jaya Teknik merasa kebingungan mau mengadu ke siapa lantaran gaji mereka selama satu bulan ini tidak diberikan oleh perusahaan.

Menurut keterangan dari salah satu buruh, R. Simajuntak (29), mereka sudah bekerja selama dua bulan membuat tongkang, hasil yang mereka kerjakan sudah mencapai 20 persen. Namun pihak perusahaan PT Citra Sipyard sebagai pemilik tongkang melakukan pengalihan borongan dari CV Adilindo ke perusahaan lain.

"Kami tiba-tiba disuruh berhenti dari pekerjaan itu, tapi gaji kami tidak diberikan sudah satu bulan," ungkapnya kepada batamtoday saat ditemui di depan Mapolsek Sagulung, Jumat, 1 Juli 2011.

Ia juga menjelaskan, mereka sudah melakukan berbagai usaha untuk menemui pihak CV Adilindo menanyakan masalah penggajian tersebut, tetapi sampai dengan saat ini masih belum ada kejelasan.

Ketika para buruh ini melakukan konfirmasi kepada PT Citra Shipyard, pihak dari perusahaan itu mengatakan tidak ada urusan dengan mereka. Pihak perusahaan itu mengatakan supaya mereka menuntut upah kepada CV Adilindo.

Ketika mendengar penjelasan dari perusahaan pemilik tongkang, para buruh ini sepakat untuk melaporkan pemilik CV Adilindo ke Polisi.

Saat melapor ke Polsek Sagulung, sejumlah buruh ini disarankan untuk membuat laporan terlebih dahulu ke Dinas Tenaga Kerja Kota Batam.

"Silakan lapor dulu ke Disnaker untuk dicari solusinya," kata seorang petugas Polsek Sagulung.