Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jika Diminta, Dishub Batam Siap Kelola Bus Bantuan BPJS Ketenagakerjaan
Oleh : Roni Ginting
Jum'at | 20-03-2015 | 18:27 WIB
bus bantuan bojs ketenagakerjaan.jpg Honda-Batam
Bus pekerja bantuan BPJS Ketenagakerjaan. (Foto: Ahmad Romadi/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam bersedia mengelola bus sumbangan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan kepada serikat pekerja di Batam.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Zulhendri, mengatakan, bus pekerja bukanlah domain Dishub melainkan Dinas Tenaga Kerja. Namun jika diminta untuk mengelola, pihaknya akan bersedia.

"Kalau diminta jadi pengelolanya, kita siap. Karena kita sudah ada sistem dan UPTD-nya. Tapi harus jadi transportasi umum," ujar Zulhendri, Jumat (20/3/2015).

Dia menambahkan, jika bus BPJS dijadikan transportasi umum, maka pihaknya tetap mengedepankan para pekerja. Setiap pekerja yang menggunakan bus berlogo BPJS itu akan mendapatkan potongan harga hingga 50 persen.

"Kita sudah ada sistem e-ticketing. Jadi, di situ nanti diseting apabila dia pekerja, ongkosnya berbeda dengan penumpang umum," jelasnya.

Nantinya, trayek bus tersebut akan diatur untuk melintasi kawasan-kawasan industri. Sebelum mengoperasikan bus tersebut pihaknya juga akan meminta pernyataan tertulis dari serikat pekerja. "Agar di kemudian hari tidak terjadi kesalahpahaman," tuturnya. (*)

Editor: Roelan