Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Giliran Kos 10 Kamar di MKGR Batuaji Dilalap Api
Oleh : Gabriel P. Sara
Jum'at | 20-03-2015 | 18:10 WIB
kebakaran mkgr.jpg Honda-Batam
Puing-puing rumah kos di MKGR usai api bisa ditaklukkan.

BATAMTODAY.COM, Batam - Tak hanya pelantar di Tanjungunggat, Tanjungpinang serta lahan kosong di Batuaji, Batam yang dilalap si jago merah, satu unit kos-kosan yang terdiri dari 10 kamar yang berada di Perumahan MKGR, RT08 RW08, Kelurahan Kibing, Batuaji juga ludes terbakar, Jumat (20/3/2015) sekitar pukul 14.00 WIB.

Rumah kos yang berada di Blok Berkah 17, dari kamar nomor 1 sampai 10 itu ludes terbakar. Beruntung, kebakaran hebat itu tidak sempat merambat ke perumahan lain yang berdekatan dengan kos tersebut.

Afrizal, Ketua RT.08, Kelurahan Kibing di lokasi kebakaran, mengatakakan, api yang menghanguskan 10 kamar kos tersebut diduga bersumber dari sekitar kamar nomor 5, 6 dan 7.

"Kalau api itu pertama itu berasal dari kamar sekitar nomor 5, 6, atau kamar nomor 7. Tapi penyebab dan asal api yang pastinya belum tahun dari mana dan apa penyebabnya," papar Afrizal. (Baca juga: Kebakaran Lahan Kosong di Kampung Taroka Bikin Warga Panik)

Lanjut Afrizal, karena faktor cuaca yang sangat panas, api itu merambat dengan cepat dan menghanguskan ke sepuluh rumah tersebut. "Sekitar 10 menit api itu sudah sampai ke plafon-plafon kamar itu," ujarnya.

Melihat kebakaran tersebut, RT bersama warga sekitar langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran. "Sekitar setengah jam 3 mobil pemadam datang. Warga juga sempat memadamkan api dengan peralatan seadanya. Tapi api itu terus membesar. Untuk cepar mobil pemadam itu. Ya sekitar 2 jam la api itu padam total," pungkas Afrizal.

Sementara itu, salah satu warga yang tinggal tepat berada di depan kos+kosan itu, mengatakan, kalau dirinya juga melihat api itu berasal dari sekitar kamar nomor 5 dan 6. Saat api itu berkobar, situasi sekitar lokasi memang sepi. (Baca juga: Lahan Kosong Depan Kantor Kadin Batam Terbakar)

"Langsung teriak, tak lama datang semua warga. Kalau api kurang tahu pasti, tapi tadi saya sempat lihat menyala pertama itu dari kamar nomor 5 atau nomor 6 gitu," ujar ibu rumah tangga yang tak mau namanya disebut kepada BATAMTODAY.COM.

Kebakaran itu juga sempat mengundang perhatian baik warga sekitar. Hingga pukul 16.00 WIB, api yang menghanguskan 10 unit kamar kos-kosan itu berhasil dipadamkan. Namun, asal api, kerugian serta ada atau tidaknya korban jiwa belum diketahui pasti.

Editor: Dodo