Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kerugian Materil Akibat Kebakaran di Tanjungunggat Diprediksi Rp1,2 Miliar
Oleh : Habibi
Jum'at | 20-03-2015 | 17:40 WIB
slamet hariyadi, lurah tgunggat.jpg Honda-Batam
Slamet Hariyadi, Lurah Tanjungunggat. (Foto: Habibi Kasim/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Total kerugian materil akibat kebakaran di Tanjungunggat pada Jumat (20/3/2015) dinihari diperkirakan mencapai Rp1,2 miliar. Namun, kerugian akibat kebakaran yang merusakkan 20 rumah di Gang Swadaya itu baru prediksi sementara.

"Setelah kita hitung-hitung kasar dari rumah sampai harta benda yang ludes terbakar, dan itu berdasarkan pengakuan dari semua korban, mau Rp1,2 miliar juga," ujar Selamet Hariyadi, Lurah Tanjungunggat, kepada BATAMTODAY.COM, Jumat siang.

Dia mengaku sempat tak percaya dengan nilai kerugian materil itu. Namun hitungan itu diperolehnya berdasarkan pengakuan korban. Dan menurut korban, memang kebanyakan menyimpan harta benda mereka di dalam rumah.

"Tadi ada yang uangnya terbakar Rp10 juta, kalung emas katanya ada di laci. Mereka simpan harta di rumah. Makanya totalnya segitu," terang Selamet.

Terkait kisaran harga rumah, Selamet mengaku tidak tahu taksiran harga rumah yang terbakar secara spesifik. Namun, kisaran harga tertinggi Rp40 hingga Rp50 juta. (Baca: Cukup 20 Menit Temui Korban Kebakaran di Tanjungunggat, Gubernur Kepri Janjikan Bantuan)

"Sementara data di kita ada 17 rumah yang hangus tanpa bekas, dan ada tiga rumah yang rusak ringan. Ditambah lagi harga barang berharga mereka. Kami hitung-hitung capai Rp1 miliar lebih,: ujarnya. (*)

Editor: Roelan