Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kebakaran Lahan Kosong di Kampung Taroka Bikin Warga Panik
Oleh : Gabriel P. Sara
Jum'at | 20-03-2015 | 16:58 WIB
kebakaran taroka.jpg Honda-Batam
Petugas PBK menjinakkan api yang melahap lahan kosong di Kampun Taroka, Batuaji.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sekitar 1 hektare lahan kosong yang berada di perkampungan Taroka, Batuaji terbakar pada Jumat (20/3/2015) sekitar pukul 14.30 WIB. Diduga kebakaran ini dipicu faktor kesengajaan.

Pantauan, kebakaran lahan kosong tepatnya di pinggir jalan depan Kampung Taroka itu sempat membuat warga yang tinggal di kampung tersebut ketakutan. Pasalnya, api yang diduga sengaja dibakar itu merambat dengat cepat di lahan kosong tersebut.

"Gimana mau tenang, kebakaran ini dekat dengan rumah kami. Kalau tak cepat mobil pemadam kebakaran itu, ga tau lah rumah-rumah kami disini,"ujar Samsida, salah satu warga Kampung Taroka kepada wartawan.

Menurut Samsida, lahan kosong tersebut sepertinya sengaja dibakar oleh oknum tertentu untuk kepentingan pribadinya. Sementara, menurut pengakuan Samsida, ia bersama warga lainnya sudah cukup lama tinggal di Kampung Taroka tersebut.

"Coba dipikirkan, kalau tak ada yang bakar tak mungkin ada api yang menyala di hutan ini. Kan jelas, kebakaran ini. Pasti ada unsur kesengajaan dari orang-orang tertentu," beber Samsida.

Sementara itu, petugas pemadam kebakaran dari Pemko Batam yang berada di wilayah Batuaji setelah mendengar laporan langsung menurunkan satu mobil pemadam kebakaran.

Hingga pukul 15.00 WIB, api yang menjalar di lahan kosong Kampung Taroka itu, terpantau sudah 90 persen sudah padam.

Editor: Dodo