Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari ini, AS Memulai Misi Pemantauan Kualitas Udara
Oleh : M46
Jum'at | 01-07-2011 | 12:40 WIB
Discover.jpg Honda-Batam

Pesawat pendeteksi kualitas udara milik Badan Antariksa Amerika Serikat (Nasa)

WASHINGTON, batamtoday - Hari ini, Jum'at 01 Juli 2011, Amerika Serikat memulai misi pemantauan terhadap kualitas udara di kawasan Baltimore hingga Washington. Untuk menjalankan misi terebut, pemerintah setempat menurunkan pesawat canggih yang dilengkapi dengan sembilan instrumen pendeteksi milik Badan Antariksa Amerika Serikat (Nasa).

Dalam laporan resminya, misi yang dinamakan Discover-AQ akan dimulai hari ini, pada pukul 06.00 hingga pukul 17.00 waktu setempat.

"Penelitian kualitas udara ini akan didukung Nasa dan Departemen Lingkungan Hidup Maryland, US Enviromental Protection Agency serta beberapa perguruan tinggi," tulis Nasa dalam rilisnya yang dihimpun batamtoday.

Untuk menjalankan misi tersebut, Nasa menurunkan pesawat P-3B yang memiliki kemampuan canggih sebagai pendeteksi udara dan tanah. Pesawat ini memilikii besar 117 kaki, dengan empat mesin turbobrop serta dilengkapi sembilan instrumen ilmiah.

Rencananya, pesawat tersebut diterbangkan dalam ketinggian 1000 meter diatas permukaan tanah, dan melintas pada rute yang sudah ditentukan.

"P-3B akan mengirimkan data-data yang berhasil terekam ke stasiun pemantauan di darat,"tulis Nasa.

Proyek pemantauan udara tersebut akan dilakukan secara reguler setiao hari, sepanjang bulan Juli 2011.