Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nintendo Kembangkan Permainan untuk Telepon Pintar
Oleh : Redaksi
Rabu | 18-03-2015 | 12:10 WIB

BATAMTODAY.COM - Nintendo bekerja sama dengan pengembang asal Jepang DeNA untuk menciptakan permainan bagi telepon pintar.

Raksasa perusahaan permainan itu menjelaskan jika permainan yang sudah dibuat untuk platform Wii U dan 3DS tidak dapat dipindahkan (ke platform telepon pintar).

Tetapi mereka juga menegaskan akan menciptakan permainan baru untuk telepon pintar, dan seluruh permainan yang hak cipta kekayaan intelektualnya dimiliki oleh Nintendo "dapat dikembangkan".

Termasuk permainan yang sangat populer seperti Super Mario, Zelda dan Pokemon.

Kedua perusahaan juga mengumumkan rencana peluncuran layanan keanggotaan online pada musim gugur 2015 yang akan memberikan akses bagi anggotanya untuk membuat akun lintas platform, termasuk telepon pintar dan komputer meja.

"Keputusan Nintendo untuk bekerjasama dengan DeNA adalah wujud pengakuan pentingnya pasar aplikasi permainan bagi bisnis di masa depan," kata Piers-Harding-Rolls, kepala penelitian dan analis permainan IHS, dikutip BBC.

Tahun lalu, pasar permainan berharga sekitar 343 triliun rupiah, tetapi hanya 3% dari jumlah itu merupakan penjualan konsol permainan, kata petinggi IHS.

"Tantangan utamanya adalah menyatukan kultur kedua perusahaan, dan mensinergikan kecepatan pengembangan dalam telepon pintar dengan pendekatan Nintendo yang sistematis dalam memproduksi konten permainan," Harding-Rolls menambahkan.

"Bagaimana memaksimalkan penjualan permainan baru juga menjadi tantangan melihat perbedaan model bisnis yang dianut Nintendo (eceran) dan DeNA (pembelian aplikasi)."

Sumber: BBC