Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemekaran Kabupaten Kepulauan Singkep Tunggu Rekomendasi dari Gubernur Kepri
Oleh : Nur Jali
Selasa | 17-03-2015 | 13:57 WIB
2015-03-17 14.13.09.jpg Honda-Batam
Agus Norman, Ketua BP2KKS.

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Ketua Badan Pembentukan Kabupaten Kepulauan Singkep (BPPKKS) meminta kepada pihak-pihak tidak mempolitisir tentang rencana pemekaran karena berkas pengajuan tersebut tinggal menunggu rekomendasi dari Gubernur Kepulauan Riau untuk diteruskan ke Pemerintah Pusat.

"Kita sudah mengirimkan semua berkasnya, saat ini pengesahan itu tinggal menunggu rekomendasi dari Gubernur Kepri, setelah ada pengesahan dari gubernur, berkas tersebut baru dapat disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri," kata Agus Norman, Ketua BP2KKS, yang juga anggota DPRD Lingga dari Fraksi Golkar, Selasa (17/3/2015).

Mengenai adanya tim lain yang melakukan lobi-lobi ke pusat untuk memperjuangkan pembentukan kabupaten tersebut, Agus menegaskan saat ini hanya BP2KKS yang secara resmi melakukan dari awal. BP2KKS masih menunggu pengesahan pemekaran kecamatan baru, yaitu Kecamatan Kepulauan Posek yang sudah diajukan ke Pemerintah Provinsi Kepri. 

"Setelah pemekaran tersebut ditandatangani oleh gubernur, maka proses pemekaran Kabupaten Kepulauan Singkep tidak akan lama lagi," kata dia.

Pengurus BP2KKS juga telah mengirimkan tim, untuk memastikan SK tersebut disahkan Gubernur Kepri. Karena yang mengusulkan pemekaran tersebut seharusnya adalah provinsi, apalagi saat ini kementerian sudah menyampaikan hal tersebut kepada pihak provinsi, untuk meneruskan nomor register kecamatan yang baru.

"Bolanya ada di provinsi karena, yang mengusulkan itu mereka, BP2KKS hanya menyiapkan kebutuhan yang ada di kabupaten, pengusulan dan rekomendasinya dari provinsi," ungkapnya.

Isu pemekaran Kabupaten Kepualauan Singkep mulai kembali santer saat kunjungan anggota DPD RI Ria Saptarika. Wacana tersebut terus berkembang setelah tim dari FP2KKS mengadakan pertemuan dengan beberapa tokoh masyarakat untuk kembali memperjuangkan kabupaten itu untuk kembali diusulkan. (Baca: Isu Pemekaran Muncul Saat Ria Saptarika Kunjungi Lingga

Sementara itu, Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Lingga Muhammad Aini ditemui di lokasi yang sama mengatakan, pihaknya sangat mendukung pembentukan kabupaten baru itu. Bahkan hal itu sudah terbukti dengan dukungan anggaran serta administrasi yang disiapkan oleh pansus DPRD pada periode yang lalu degan dukungan penuh dari Pemkab Lingga.

"Dari dulu saya pribadi dan Pemkab Lingga sangat mendukung pembentukan Kabupaten Kepulauan Singkep, dengan pemekaran tersebut diharapkan akan lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan rentang kendali dalam menjalankan roda pemerintahan," kata dia.

Editor: Dodo