Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

61 Bintara Baru di Polres Lingga Jalani Pembaretan
Oleh : Nur Jali
Jum'at | 13-03-2015 | 09:53 WIB
pembaretan_lingga.jpg Honda-Batam
Bintara baru Polres Lingga saat mengikuti pembaretan.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Sebanyak 61 bintara baru di lingkungan Polres Lingga selesai menjalani pembaretan yang dilakukan pada Kamis (12/3/2015) malam.

Para bintara baru ini saat pembaretan melakukan simulasi pengenalan lingkungan dan penanganan permasalahan di lapangan dalam berbagai situasi keamanan, kemitraan dan ketertiban di masyarakat, sebagai tanggung jawab utama Kepolisian Republik Indonesia.

Kapolres Lingga AKBP Surisman mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan tradisi di Kepolisian yang dikenal dengan istilah pembaretan, dan biasanya dilakukan untuk para anggota yang baru naik pangkat atau para anggota yang baru sebelum ditempatkan di satuan masing-masing di Kepolisian.

Model pembaretan sendiri, ada berbagai macam terganting dari Polres masing-masing, namun materi utamanya tetap pada penekanan kedisiplinan anggota Kepolisian.

"Pembaretan di Polres Lingga sendiri, kita lakukan dengan melakukan beberapa rangkaian semacam outbond, namun di setiap posnya kita berikan materi-materi tentang kepolisian, khususnya pada penanganan masalah yang sering terjadi di masyakarat, baik lalu lintas, maupun tindakan pengamanan dan penyelesaian kasus," Kata AKBP Surisman.

Dengan kegiatan pembaretan model ini diharapkan para anggota Bintara yang baru menyelesaikan pendidikannya ini, dapat menjadi anggota Polri yang dapat diandalkan.

"Setelah pembaretan ini, para anggota ini akan ditempatkan di beberapa satuan di Polres Lingga, dan juga polsek-polsek di Lingga, dan tahun ini kita juga sampaikan terima kasih kepada Kapolda Kepri karena tahun ini penambahan bintara paling banyak di Polres Lingga," ungkapnya.

Meskipun tahun ini Polres Lingga mendapatkan 61 bintara, namun kebutuhan Kabupaten lingga yang terdiri dari 531 pulau dan 53 pulau yang berpenghuni ini, belum mampu memenuhi semua wilayah di Lingga. Hal ini bukan tidak beralasan, karna jarak antar satu pulau dengan pulau lainnya dilakukan dengan melalui lautan yang cukup jauh.

"Kalau melihat kondisi wilayah kita, tentunya masih kurang dengan penambahan bintara ini, namun apapun kondisinya polisi harus siap dalam kondisi apapun," ungkapnya.  

Editor: Dodo