Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Juta Dana Hibah Disdik Kepri ke SD Swasta Veritas Diduga Fiktif
Oleh : Charles Sitompul/Gokli
Kamis | 12-03-2015 | 10:47 WIB
sd_veritas_kelas.jpg Honda-Batam
Ruang kelas di SD Veritas Batam.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ratusan juta dana bantuan hibah Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepri ke SD Swasta Veritas Batam yang dianggarkan dalam APBD 2014 diduga fiktif. Pasalnya, sepeser pun dari dana itu tidak pernah diiterima pihak sekolah swasta tersebut.

SD Swasta Veritas di RT08/RW16 Baloi Kolam, Kecamatan Batam Kota, terdaftar sebagai penerima bantuan hibah sebesar Rp 137.162.500 dalam Rancangan Umum Pengadaan (RUP) APBD Kepri tahun 2014. Selanjutnya, dalam APBD Perubahan, sekolah tersebut terdaftar kembali sebagai penerima bantuan pengadaan meubiler sebesar Rp 12.000.000.

Terkait penerimaan dana bantuan hibah itu, Kepala Sekolah SD swasta Veritas Batam Cotje Schadouw menegaskan belum pernah menerimanya. Bahkan, data administrasi dan beberapa dokumen serah terima bantuan yang ada di sekolah itu juga menguatkan tak ada nama Disdik Kepri sebagai pemberi bantuan.

"Kami tak pernah menerima bantuan hibah dari Disdik Kepri di tahun 2014. Adapun bantuan yang masuk, itu dari pihak swasta," tegas Cotje, saat dikonfirmasi belum lama ini. (Baca: Meubelair di SD Swasta Veritas Batam Benar Sumbangan Pribadi PT SKS)

Jika pihak SD swasta Veritas tidak pernah menerima, lantas kemana dana bantuan hibah itu? Muncul dugaan, dana ratusan juta yang sudah dianggarkan dalam APBD Kepri tahun 2014 itu fiktif. (Baca: Belum Digunakan, Dua RKB Hibah Disdik Kepri di SD Islam Baitul Imam Mulai Rusak)

Editor: Dodo