Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tak Pernah Terima Bantuan Pemerintah, SD Veritas Lebih Sering Dibantu Kalangan Swasta
Oleh : Gokli
Rabu | 11-03-2015 | 11:33 WIB
sd_veritas_batam.jpg Honda-Batam
SD Swasta Veritas di kawasan Baloi Kolam.

BATAMTODAY.COM, Batam - SD swasta Veritas di RT08/RW16 Baloi Kolam, Kecamatan Batam Kota, memastikan tidak pernah menerima dana bantuan hibah sebesar Rp 137.162.500 dari Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepri pada tahun 2014. 

"Kami tak pernah menerima bantuan hibah dari Disdik Kepri di tahun 2014. Meja dan kursi ini bantuan swasta yang diberikan Januari 2015, lalu," kata Kepala Sekolah SD swasta Veritas, Cotje Schadouw, saat dikonfirmasi, kemarin.

Salah satu pihak swasta yang sudah berbaik hati memberikan bantuan meja dan kursi ke SD swasta Veritas, sambung Cotje, berasal dari Kota Tanjungpinang atas nama PT Semangat Karya Sentosa (SKS). Sebanyak 20 unit meja dan 50 unit kursi yang diberikan PT SKS, kata Cotje, karena melihat tayangan mengenai SD swasta Veritas yang diunggah di youtube.

"PT SKS tahu kondisi sekolah ini karena nonton video di youtube. Jadi bukan dari dana hibah Disdik Kepri. 50 kursi dan 20 meja yang disumbangkan PT SKS kami terima pada 29 Januari 2015 dan saat ini digunakan untuk fasilitas belajar," tegasnya. (Baca: SD Veritas Batam Tegaskan Tak Terima Bantuan Disdik Kepri Sepeser Pun)

Sementara itu, informasi yang diperoleh dari seorang narasumber di lingkungan Disdik Kepri, PT SKS yang beralamat di Jalan Cendana, gang Cendana II nomor 38 Tanjungpinang, merupakan salah satu perusahaan rekanan dinas tersebut. Tetapi, sumber tak bisa memastikan ada tidaknya kaitan dana hibah sebesar Rp 137.162.500 dengan bantuan meja dan kursi yang diberikan ke SD swasta Veritas di Batam. Terkait informasi itu, konfirmasi dari pihak PT SKS belum didapat.

Bahkan, BATAMTODAY.COM juga mendapat informasi dana hibah sekitar Rp 83 miliar lebih yang diberikan Disdik Kepri ke sejumlah sekolah tak sepenuhnya sampai, sesuai dengan Rancangan Umum Pengadaan (RUP) APBD 2014. Terkait hal ini, BATAMTODAY.COM masih berupaya melakukan konfirmasi ke sejumlah sekolah yang disebut menerima bantuan hibah itu.

Editor: Dodo