Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batam Sudah Mulai Diguyur Hujan
Oleh : Hadli
Rabu | 11-03-2015 | 10:47 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Setelah dua bulan lebih Batam dilanda kekeringan, hujan sudah mulai mengguyur sejumlah wilayah pada Rabu (11/3/2015) sejak dini hari tadi.

Warga menyambut suka cita turunnya hujan ini seraya berharap dapat meminimalisir cuaca panas dan debu yang hampir setiap hari akrab dengan aktivitas penduduk Batam.

"Syukur lah, akhirnya hujan turun dan hampir merata pagi ini. Cuaca teduh dan tak panas jadinya," kata Miko, pekerja galangan di Tanjunguncang.

Dia mengatakan sebelumnya memang sempat turun hujan di Batam namun sifatnya lokal. Hal itu tetap tidak berpengaruh dengan suhu udara yang tetap panas.

"Terakhir hujan lebat hampir merata pada 19 Februari lalu, pas Imlek," kata dia.

Sementara, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim menyatakan Batam dan Kepri diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan.

"Kelembaban udara yang cukup tinggi mendukung pertumbuhan awan konvektif. Cuaca diprakirakan berawan dan berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan," kata Kepala BMKG Hang Nadim Batam, Philip Mustamu melalui Prakirawan On Duty, Rizki Adzami, Rabu (11/3/2015). 

Hal itu dikarenakan adanya pola belokan angin (shearline) di wilayah Kepulauan Riau yang mengakibatkan massa udara melewati wilayah Kepri mengalami perlambatan kecepatan yang berpotensi dalam pertumbuhan awan-awan.

"Kondisi ini masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara. Untuk transportasi laut diimbau agar berhati-hati terhadap gelombang tinggi dan arus yang cukup kuat di wilayah perairan Pinang/Bintan, Natuna dan Anambas," jelasnya kembali. 

Kota Batam, Tanjungpinang, Bintan serta Kepulauan Anambas diperkirakan cuaca pagi dan siang hari berpotensi terjadi hujan ringan, sedangkan malam hari berawan. Kabupaten Karimun dan Lingga pagi dan malam hari berawan, siang harinya terjadi hujan ringan. Untuk Kepulauan Natuna pada pagi mengalami hujan ringan, sedangkan siang dan malam harinya berawan. 

Untuk tinggi gelombang di perairan Karimun diperkirakan 1,3 meter. Batam 2 meter, Lingga 2,5 meter, Tanjungpinang dan Bintan setinggi 3 meter. Sementara untuk perairan Kepualaun Anambas 3,5 meter dan Natuna setinggi 4 meter. ‎

Editor: Dodo